MANFAAT BUAH NANGKA UNTUK KESEHATAN

Buah nangka merupakan salah satu jenis buah yang cukup popular di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari bentuk buahnya yang unik, rasanya lezat, serta kaya akan nutrisi  dan serat. Sama seperti buah-buahan tropis pada umumnya, salah satu manfaat buah nangka yakni kaya akan energi. Namun demikian, buah yang satu ini tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Hal ini membuat buah nangka menjadi salah satu buah yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit.  Nangka terutama dipanen buahnya. "Daging buah" yang matang seringkali dimakan dalam keadaan segar, dicampur dalam es, dihaluskan menjadi minuman (jus), atau diolah menjadi aneka jenis makanan daerah: dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka-goreng-tepung, keripik nangka, dan lain-lain. Nangka juga digunakan sebagai pengharum es krim dan minuman, dijadikan madu-nangka, konsentrat atau tepung. Biji nangka, dikenal sebagai "beton", dapat direbus dan dimakan sebagai sumber karbohidrat tambahan.

Buah nangka muda sangat digemari sebagai bahan sayuran. Di Sumatera, terutama di Minangkabau, dikenal masakan gulai cubadak (gulai nangka). Di Jawa Barat buah nangka muda antara lain dimasak sebagai salah satu bahan sayur asam. Di Jawa Tengah dikenal berbagai macam masakan dengan bahan dasar buah nangka muda (disebut gori), seperti sayur lodeh, sayur megana, oseng-oseng gori, dan jangan gori (sayur nangka muda). Di Jogyakarta nangka muda terutama dimasak sebagai gudeg. Sementara di seputaran Jakarta dan Jawa Barat, bongkol bunga jantan (disebut babal atau tongtolang) kerap dijadikan bahan rujak. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Nangka).

Beberapa Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan seperti yang penulis kutip dari salah satu blog antara lain :

Sumber Energi yang Baik
Ada banyak sekali manfaat buah nangka bagi kesehatan, salah satunya adalah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi yang meliputi fruktosa dan sukrosa. Kedua zat ini apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dapat mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh secara langsung.

Kaya Akan Serat

Buah Nangka diketahui memiliki kandungan serat makanan yang tinggi, sehingga dapat menjadi obat pecahar yang baik. Isi serat membantu  untuk melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi waktu paparan dan serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Mengandung Vitamin A
Buah nangka yang segar memiliki sejumlah kecil vitamin pigmen-A dan flavonoid seperti karoten-ß, xanthin, lutein dan cryproxanthin-ß. Secara bersama-sama, senyawa ini memberikan peran penting dalam antioksidan dan fungsi penglihatan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga integritas selaput lendir dan kulit. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya vitamin A dan karoten-dapat melindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Sumber Vitamin C dan Antioksidan

Buah nangka juga merupakan sumber yang baik dari antioksidan vitamin C-, menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23% dari RDA. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya.

Sumber Vitamin B
Manfaat buah nangka selanjutnya adalah buah yang kaya akan Vitamin B-kompleks, memiliki kandungan vitamin B-6 (pyridoxine), niacin, riboflavin, dan asam folat. Buah nangka segar merupakan sumber potasium, magnesium, mangan, dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Sumber Artikel : perlutahu.org