MANFAAT BUAH KURMA UNTUK KESEHATAN

Bicara Kurma pasti kita akan terbayang Bulan Suci Ramadhan, karena biasanya pada bulan Ramadhan, kurma mudah didapat baik dipasar tradisional bahkan ada yang menjual di kaki lima. Tapi tahukah Anda, Buah Kurma rupanya sarat akan manfaat. Namun sebelum kita membahas manfaatnya mari kita simak definisi kurma sesuai Wikipedia berikut.

Kurma , (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma.[4] Bentuk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm dan ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma memiliki biji tunggal yang ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 mm. Buah kurma dikelompokan menjadi tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Jenis buah ini tergantung pada kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kurma_(pohon))

Beberapa Kandungan vitamin penting yang terdapat dalam buah kurma antara lain : vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, kalium dalam jumlah cukup banyak, zat besi, vitamin B1 dan asam nikotinat

Disamping kandungan vitamin yang banyak, buah kurma banyak manfaanya bagi tubuh kita. Berikut beberapa Manfaat  Kurma bagi kesehatan antara lain :

Menguatkan Sel-sel Usus
Kandungan serabut dalam Kurma kering berfungsi menguatkan sel-sel usus. Serabut dalam kurma bertugas mengontrol laju gerak usus.

Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.
Kurma yang direbus mampu memperlancar saluran kencing. Kurma kaya akan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti kalsium dan potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengonsumsi protein.

Pencernaan dan Diabetes
Untuk Penderita Diabetes Kurma diserap lebih lambat oleh sistem pencernaan sehingga cocok untuk penderita diabetes.

Menenangkan Sel-sel saraf
Buah Kurma dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Beberapa buah kurma dianjurkan dikonsumsi pada pagi hari kepada ana-anak dan orang lanjut usia agar kondisi kejiwaannya menjadi tenang.

Membantu menyembuhkan Cidera
Kurma membantu menyembuhkan cidera  lebih cepat. Buah dari anggota jenis berry ini punya kandungan protein yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Membantu Mengurangi perut kembung
Kandungan vitamin A, B, dan C pada kurma dapat membantu kesehatan pencernaan karena mengurangi perut kembung.

Membantu memenuhi kebutuhan protein
Buah Kurma kaya akan protein sehingga membantu bagi yang suka melakukan kegiatan fisik atau olahraga karena mampu menjaga tingkat energi dalam tubuh. Protein membantu untuk mempertahankan massa otot, tetapi jaringan juga perbaikan dalam tubuh.

Disamping manfaat bagi kesehatan secara umum, Buah Kurma juga sangat bermanfaat bagi Ibu Hamil yaitu :

Menguatkan Rahim

Tamr (kurma kering) juga berfungsi menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus serta menguatkan rahim, terutama ketika ibu melahirkan.

Mencegah Pendarahan Ketika Melahirkan
Kurma basah mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan katika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sebelum waktu hamil.

Mengontrol laju gerak rahim dan menambah massa sistolenya
Buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah massa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi).

Buah yang disarankan bagi Ibu hamil
Kurma matang kaya akan unsur kalsium dan besi. Makanya sangat dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil dan yang akan melahirkan karena akan memudahkan persalinan serta membantu keselamatan ibu dan bayinya.

Membantu proses air susu Ibu dan sumsum bayi dalam kandungan
Kandungan Zat Besi dan kalsium pada buah kurma matang juga membantu proses pembentukan air susu ibu dan pembentukan darah serta tulang sumsum pada bayi dalam kandungan.

Sekian postingan saya terkait manfaat buah kurma untuk kesehatan. Mudah-mudahan info ini dapat menambah wawasan Anda tentang buah kurma yang sering Anda konsumsi terutama saat bulan puasa

Sumber Artikel :  ibundacerdas.com