MANFAAT TAKOKAK UNTUK KESEHATAN

Manfaat Buah Takokak untuk Kesehatan
Buah Takokak yang kecil ini dulu cukup mudah ditemui di pinggir jalan, di lading kosong dan dipinggir sawah. Saat ini mungkin sudah agak jarang terlihat. Ditempat kami buah yang satu ini sering disebut “Boh Trueng Cawing” karena bentuknya yang kecil. Selain enak untuk dijadikan sayuran / lalapan, buah jenis terong yang satu ini juga memiliki beragam khasiat dan manfaat yang tidak kalah hebatnya dari herbal yang lain.

Buah Takokak ini yang biasa kita gunakan untuk obat tradisional menggunakan, buak takokak, daunnya dan akar yang sudah di keringkan yang biasa di pakai untuk pengobatan, Takokak ini merupakan obat-obatan yang turun temurun dari nenek monyang kita. Oleh karena itu tidak salah bila kita mulai membudidayakan buah yang satu ini di pekarangan atau kebun kita.

Berikut beberapa manfaat Takokak untuk Kesehatan seperti yang saya kutip dari postingan salah satu blog, 

Manfaat Buah Takokak :

Buah Takokak Untuk Obat Wasir Atau Mengobati Ambeien :
Ambil buah takokak 30 gram, tambahkan juga daun dewa 30 gram, serta 10 gram temu hitam, Caranya, bahan-bahan yang tadi di rebus dengan air 600 cc, sampe mendidih hingga airnya tersisa 300 cc, dan minum airnya hangat-hangat, jangan lupa sebelum di minum di saring dulu. Lakukan secara rutin dan teratur.

Buah Takokak Untuk Obat Tulang Keropos :
Bahan-Bahannya, Ambil buah takokak yang masih segar 100 gram, kemudian tambahkan kacang kedelai 100 gram, dan juga tambahkan tahu secukupnya saja, Cara memasaknya mau ti tumis, juga bisa atau di bikin sayur kuah juga bisa itu tergantung selera kamu saja yang akan memakannya.

Buah Takokak Untuk Melancarkan Peredaran Darah
Caranya, Ambil buah takokak 30 gram, serta dun dewa 20 gram, lalu di cuci dulu, dan rebuslah dengan air 600 cc, dan air rebusannya hingga tersisa 300 cc, keludian di saring lalu di minum, lakukan secara rutin tiap hari dan teratur.

Buah Takokak Untuk Mengobati Influenza
Ambil buah takokak yang masih segar 30 gram, dan tambahkan jahe 15 gram, lalu bahan tadi di cuci dulu semuanya dengan bersih, Terus di rebus dengan air 400 cc, biarkan sampe mendidih hingga tersisa 200 cc, dinginkan dulu nanti kalau mau di minum saring dulu airnya, lakukan cara ini 2 kali sehari dengan teratur.

Buah Takokak Untuk Mengobati Asam Urat Tinggi
Ambil buah takokak muda yang masih segar 100 gram, dan juga tambahkan 100 gram nanas, terus tambahkan udang rebon kecil, terus di masak sesuai selera anda, untuk di makan dengan secara teratur.

Manfaat Daun Takokak 

Daun Takokak Untuk Obat Bisul Atau Koreng
Cara pengobatannya, Ambil 3 lembar daun takokak yang masih segar, jangan lupa di cuci dulu dengan air bersih, kemudian di tumbuk sampe halus, lalu tempelkan ke kulit yang terkena bisul atau koreng.

Daun Takokak Untuk Obat Radang Payudara
Ambil daun takokak 3 lembar yang sudah di keringkan, kemudian di tumbuk sampai halus, dan juga tambahkan cuka beras putih secukupnya, lalu balurkan ke bagian payudara yang sakit, cara seperti ini lakukan dengan rutin dua kali sehari dengan teratur.

Daun Takokak Untuk Obat Jantung Berdebar (tachycardia)
Ambil daun takokak segar 6 lembar, kemudian tambahkan kira-kira setengah jari rimpang kunyit, cuci dulu dengan bersih, terus daun takokak sama kunyit tadi di tumbuk sampe halus, lalu tambahkan setengah gelas air mendidih serta tambahkan juga 1 sendok makan madu asli, sebelum di tambahkan madu tumbukan bahan tadi yang sudah di kasih air, di aduk setelah merata kemudian di saring, baru tambahkan madu, kemudian di minum, lakukan cara ini 2 kali sehari.

Manfaat Akar Takokak 

Akar Takokak Untuk Obat Sakit Pinggang Kaku Atau Terpukul
Bahannya, Ambil akar takokak yang sudah di keringkan atau di jemur 10-15 gram, kemudian di rebus dengan air berukuran 4 gelas air, biarkan sampai mendidih dan hingga airnya menjadi 2 gelas, lalu angkat dan dinginkan, sebelum di minum di saring dulu, minumlah 2 kali sehari persatu gelas.

Akar Takokak Untuk Mengobati Lambung Yang Sakit Dan Telat Datang Bulan
Ambil akar pohon takokak yang sudah di keringkan 10-15 gram, kemudian tambahkan rumput pegagan (Antanan) 10 gram, lalu rebus dengan 4 gelas air bersih sehingga mendidih dan airnya sampe bersisa 2 gelas, Dinginkan kemudian saring dan minum 2 kali persatu gelas.

Akar Takokak Untuk Mengatasi Batuk Kronis
Caranya, Ambil akar takokak yang sudah di keringkan 10-15 gram, lalu di rebus dengan air 4 gelas sehingga mendidih sampai sisa air rebusannya 2 gelas lalu saring dan dinginkan, minum 2 kali sehari.

Catatan : Pergunakanlah takokak ini seperlunya, jangan berlebihan, karena selain mengandung efek positif takokak ini mengandung efek negatif juga, jiga anda memakainya berlebihan sampai dosisnya berlebih bisa menimbulkan keracunan, Dan juga pada orang yang kecendrungan glaucoma tidah boleh untuk meminum ramuan takokak

Sekian postingan Manfaat Takokak Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Sumber Artikel : tipskesehatan7.blogspot.com