MANFAAT BUAH RAMBUSA UNTUK KESEHATAN

Manfaat Buah Rambusa
Mungkin bagi sebahagian orang terutama yang pernah tinggal di desa atau setidaknya pinggiran kota pernah melihat tanaman ini. sewaktu kecil saya sering memetik buah ini sewaktu pulang sekolah. di tempat saya "Aceh" kami menyebutnya dengan sebutan "Boh Rambut Bue" alias Rambutan Monyet.
Rambusa merupakan salah satu tanaman yang tumbuh liar, buah tanaman ini mempunyai ukuran kecil yang khas dengan warna kuning terang jika matang dan dibungkus oleh selaput seperti bulu atau jaring-jaring. Tanaman ini mudah dijumpai pada daerah perdesaan karena pada umumnya rambusa tumbuh liar di hutan, perkarangan rumah dan perkarangan yang berumput.
Salahs satu yang bikin kangen adalah rasa buah rambusa mempunyai rasa asam dan manis yang begitu menyegarkan, selain enak untuk dikonsumsi buah ini juga mempunyai kandungan gizi yang melimpah sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Kandungan buah rambusa cukup banyak terdapat kandungan mineral seperti potassium, kalsium, dan zat besi. Kandungan potassiumnya sangat berguna bagi tubuh diantaranya dapat menguatkan otot, mencegah stroke, mengontrol tekanan darah, menjaga sistem syaraf dan lain sebagainya.

Nah berikut beberapa manfaat buah Rambusa untuk Kesehatan seperti yang saya kutip dari postingan salah satu blog, silahkan disimak ulasan berikut :

Buah Rambusa dapat Menjaga Kesehatan Tulang
Di dalam buah rambusa terdapat kandungan kalsium tinggi yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang, menyehatkan tulang, dan berguna untuk menjaga kepadatan tulang sehingga dapat terhindar dari resiko terkena osteoporosis.

Buah Rambusa dapat Mencegah Anemia
Kandungan zat besi di dalamnya berguna untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah sehingga dapat mencegah dan mengatasi penyakit anemia.

Buah Rambusa dapat Mencegah  Kanker
Zat antioksidan yang terdiri dari vitamin C, flavonoid dan potassium mempunyai kemampuan untuk menangkal efek radikal bebas, seperti pertumbuhan sel-sel kanker, merusak jaringan kulit dan lain sebagainya.

Buah Rambusa dapat Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan fitronutrien di dalam buah ini sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Buah Rambusa dapat Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi
Selain berguna untuk menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium di dalamnya juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Buah Rambusa dapat Menyembuhkan Gangguan Ginjal
Kandungan mineral di dalamnya mempunyai kemampuan untuk membantu fungsi ginjal dalam proses ekskresi urine.

Buah Rambusa dapat Mengurangi Rasa Stres
Kandungan senyawa yang dimiliki mampu meningkatkan hormon rasa senang serta dapat menstabilkan syaraf-syaraf pusat sehingga tubuh dan otak menjadi rileks.

bila dilihat dari segi banyaknya manfaat dari buah yang satu ini, namun tidak dianjurkan  untuk dikonsumsi secara berlebihan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Konsultasikan dengan ahli pengobatan herbal bila ingin menggunakan tanaman ini sebagai obat tradisional.

Sekian postingan postingan singkat tentang Manfaat Buah Rambusa untuk Kesehatan semoga bermanfaat bagi pembaca blog Bale Obat, jangan lupa membaca beragam artikel lainnya.

Sumber Artikel : kesehatanpedia.com