TIPS MENCEGAH PENULARAN PENYAKIT CACAR AIR

Penyakit Cacar Air Pada Anak-anak
Bagi yang pernah terkena Cacar Air tentunya sudaj maklum bagaimana tersiksanya dihinggapi penyakit ini. Saya sendiri dulu pernah mengalaminya saat masih kecil, dan sampai sekarang masih ada bekasnya karena tidak patuh nasehat orang tua saat penyakit ini menyerang saya.

Penyakit cacar air muncul akibat salah satu jenis virus herpes yang umumnya dikenal sebagai varicella zoster. Menyerang seseorang yang tidak punya kekebalan tubuh, atau kekebalan tubuhnya sedang rendah. Biasanya penyakit ini menyerang waktu kita kecil. Penyebarannya lewat batuk/bersin (udara) dan juga lewat sentuhan kulit atau baju yang dikenakan si penderita (kontak fisik).

Gelaja permulaan penyakit cacar air biasanya penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Pada kasus yang lebih berat, bisa didapatkan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Beberapa hari kemudian timbullah kemerahan pada kulit yang berukuran kecil yang pertama kali ditemukan di sekitar dada dan perut atau punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah.Pencegahannya tentu imunisasi waktu umur 12 bulan, tapi dianjurkan juga bagi umur 12 tahun yang belum memiliki kekebalan tubuh.

Mengingat saya sudah pernah mengalami dan agar kawan pembaca lainya tidak tertular, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan cacar air pada orang dewasa seperti yang saya kutip dari postingan salah satu member kaskus, silahkan disimak :

Menjauh dari mereka yang terinfeksi
Mending jaga jarak deh agan/sist klo ada orang yang sedang terinfeksi cacar air.
Soalnya virus cacar air menyebar lewat udara sama kontak fisik.

Menjaga kebersihan rumah dan tubuh
Kebersihan itu keadaan bebas dari kotoran termasuk debu, sampah dam bau.
Penting menjaga kebersihan agar terhindar dari kuman penyakit yang berbahaya yang menempel pada tubuh maupun benda disekitar kita.

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah
Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau dan buah-buahan segar. Lebih baik konsumsi brokoli dan labu karena bisa mencegah timbulnya cacar air. Sayuran ini juga mampu membantu tubuh melawan virus varicella.

Minum air kelapa dan air lemon
Jaga tubuh tetap bersuhu normal selama musim kemarau, misalnya dengan rajin minum air kelapa murni. Selain itu, minuman lain yang bisa Anda manfaatkan adalah air lemon. Lemon mengandung asam untuk melawan bakteri jahat yang menurunkan tingkat kekebalan tubuh

Minum Air Putih yang Cukup
Air putih merupakan minuman yang paling baik dan menyehatkan untuk tubuh kita.
Fungsi air putih adalah meningkatkan energi saat beraktivitas, membantu membuang racun dalam tubuh lewat urine, menjaga berat badan, membuat kulit terlihat segar, baik untuk kesehatan tulang, dan membantu penyerapan makanan.

Penyakit  cacar air ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi ada baiknya kita konsultasi ke dokter agar dapat pengobatan yang lebih baik dengan obat atau salep tertentu. Bila Anda sudah terdampak atau terkena cacar air ini dan agar tidak membahayakan dan meninggalkan bekas ditubuh Anda seperti yang penulis alami ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan :
  • Hindari menggosok atau menggaruk cacar karena meninggalkan bekas cacar
  • Potong kuku segera agar tidak mengaruk kulit yang akan berefek buruk.
  • Kenakan pakaian yang longgar agar kulit kita tidak lecet saat kulit gesekan dengan pakaian.
  • Cobalah berendam di dalam bak mandi yang berisi tepung maizena.
  • Hindari cahaya sinar matahari yang terlalu menyengat dan udara yang lembab

Sekian postingan tentang Tips Mencegah Penularan Penyakit Cacar Air semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel :  kaskus.co.id