BEBERAPA MAKANAN YANG DAPAT MENYEBABKAN KANTUK

Makanan Penyebab Kantuk
Bagi Anda yang susah tidur tentunya beberapa makanan dibawah ini cocok Anda konsumsi untuk membantu Anda agar bisa tidur dengan nyenyak. Namun bagi pengendera baik mobil maupun motor, beberapa makanan ini justru harus dihindari terutama saat akan mengemudi karena akan membahayakan diri dan kenderaan karena dikhawatirkan Anda akan mengantuk.

Dalam postingan disalah satu Blog tentang Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Berkendara saya mendapatkan ada beberapa makanan yang perlu dihindari atau dikurangiporsi yang kita makan sesuai dan habis menjadi energi agar tidak mengantuk. Beberapa makanan yang menyebabkan kantuk, diantaranya :

1.Pisang
Pisang mengandung potassium dan magnesium, nutrisi yang berfungsi membuat otot rileks secara alami. Apalagi di dalamnya terdapat asam aminotryptophan yang berubah menjadi serotonin danmelatonin di otak. Serotoninadalah neurotransmitter yang menjadikan tubuh rileks, sementara melatonin adalah hormon yang menyebabkan kantuk. Tryptophanmembutuhkan waktu sejam untuk mencapai otak.

2.Susu.
Susu hangat ampuh untuk menimbulkan kantuk. Minuman ini kaya tryptophan yang berefek menenangkan. Apalagi susu kaya akan kalsium yang membantu mengatur produksi melatonin.

3. Almond.
Selain kaya protein, almond juga mengandung magnesium yang memudahkan tidur dan membuat otot rileks.

4. Ceri.
ceri adalah salah satu sumber alami melatonin. Jika sulit mencari ceri segar, Anda dapat mengonsumsi jus ceri atau ceri kering. Makanlah sejam sebelum tidur.

5. Teh.
Semua jenis teh yang tidak mengandung kafein memiliki efek menenangkan sehingga membuat mengantuk. Begitupula dengan teh herbal dengan rasa yang lembut. Namun, yang paling ampuh adalah teh hijau karena mengandung theanine, zat yang mempermudah tidur nyenyak.

6. Oatmeal.
Semangkuk oatmeal mengandung kalsium, magnesium, fosfor, silikon, dan potassium yang membantu tidur lelap. Namun, hindari menggunakan pemanis karena justru akan membuat mata kembali segar.

7. Sarapan manis-manis.
Gula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya juga dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendapatkan oksigen lebih banyak untuk pembakaran energi. Hindari makanan manis seperti donat atau kue-kue manis lainnya karena bisa menurunkan produksi zat kimia dalam otak yang berfungsi membuatnya tetap 'menyala'.

8. Anggur merah.
Segelas anggur ketika makan malam mungkin terdengar enak bagi sebagian orang. Tapi asal tahu saja, alkohol bisa menyerap energi dari tubuh karena mengandung melatonin yang tinggi, yaitu hormon yang memproduksi rasa kantuk. Tapi jangan pernah gunakan alkohol sebagai obat tidur.

Sekian postingan tentang Beberapa Makanan Penyebab Kantuk, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Sumber Artikel : kaskus.co.id