MANFAAT LADA HITAM UNTUK KESEHATAN

Hampir semua kita pernah melihat atau mengenal yang namanya Lada Hitam. Bahkan Indonesia terkenal juga sebagai penghasil lada hitam terbaik. Nah kali ini Bale Obat akan memposting terkait Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan. Sebelum kita bahas manfaatnya, mari kita simak apa itu Lada.

Lada atau merica (Piper nigrum L.) adalah rempah-rempah berwujud bijian yang dihasilkan oleh tumbuhan dengan nama sama. Lada sangat penting dalam komponen masakan dunia dan dikenal luas sebagai komoditi perdagangan penting di Dunia Lama. Pada masa lampau harganya sangat tinggi sehingga menjadi salah satu pemicu penjelajahan orang Eropa ke Asia Timur untuk menguasai perdagangannya dan, dengan demikian, mengawali sejarah kolonisasi Afrika, Asia, dan Amerika. Di Indonesia, lada terutama dihasilkan di Pulau Bangka. Lada disebut sahang dalam bahasa Melayu Lokal seperti bahasa Banjar, Melayu Belitung, Melayu Sambas, dan lain-lain. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Lada_hitam)

Lada hitam  bukan hanya rempah-rempah yang menyertainya garam di meja makan Anda. Lada hitam  memberikan rasa besar untuk hidangan Anda dan memiliki banyak manfaat kesehatan juga. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan.

Memperbaiki pencernaan
Salah satu atribut paling penting dari lada hitam  adalah kemampuannya untuk meningkatkan pencernaan. Lada hitam  benar-benar merangsang selera untuk memberitahu perut untuk meningkatkan sekresi asam klorida sehingga meningkatkan pencernaan makanan setelah mencapai perut Anda.

Mengurangi gas usus : 
Lada hitam  memberikan solusi alami untuk masalah memalukan gas usus. Stimulasi sekresi asam klorida dalam lambung mengurangi masalah gas usus.

Antioksidan : 
Properti antioksidan lada hitam  mencegah dan membatasi stres oksidatif. Selain itu, beberapa senyawa tersebut bekerja secara tidak langsung dengan meningkatkan aksi antioksidan lain. Lada hitam  juga mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh diet penuh lemak jenuh yang ditemukan menjadi penyebab utama stres oksidatif. Lada hitam  juga mencegah pertumbuhan bakteri dalam saluran usus.
 
Membantu Melawan kanker : 
Lada hitam  efektif melawan kanker. Ini melawan perkembangan kanker secara langsung. Fitokimia utamanya, piperine, menghambat beberapa pro-inflamasi sitokin yang diproduksi oleh sel tumor. Dengan melakukan hal ini mengganggu mekanisme sinyal antara sel-sel kanker, sehingga mengurangi kemungkinan perkembangan tumor.

Oleh karena itu, lada hitam  tidak hanya rempah-rempah. Untuk mencegah risiko kanker, stres oksidatif, dan masalah gas usus dan meningkatkan pencernaan Anda, semua yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan beberapa jumlah lada hitam  dalam makanan Anda.

Sumber Artikel  : http://dmherbal.blogspot.com