Latest News

MANFAAT BUAH KERSEN (CERI) UNTUK KESEHATAN

Buah Kersen atau kami sering menyebutnya dengan Buah Ceri adalah buah yang dulu sangat gampang didapat, pohonnya tumbuh dengan cepat baik dipinggir jalan kadang juga sengaja ditanam untuk kerindangan. Nah rupanya buah ceri ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Nah agar tidak membingungkan mari kita simak ulasan buah ceri ini yang saya ambil dari beberapa sumber berikut.

Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis pohon sekaligus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri. Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datiles, aratiles, manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).Juga dikenal sebagai capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, dan Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yang lalu dari sini diambil menjadi kersen dalam bahasa Indonesia atau ada yang menyebutnya ceri. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kersen)

Setiap 100 gram kersen memiliki kandungan yang terbagi adalah sebagai berikut : Air (77,8 gram),Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg) nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

Nah kalau bicara masalah gizi, dalam setiap 100 gram tanaman ini memiliki kandungan : 76,3 g air, 2,1 g protein, 2,3 g lemak, 17,9 g karbohidrat, (,0 g serat, 1,4 g abu, 125 mg kalsium, 94 mg fosfor, 0,015 mg vitamin A, 90 mg vitamin C. Nilai energinya 380 kJ/100 g

Beberapa Manfaat Kersen untuk Kesehatan yang saya kutip dari salah satu forum online dapat saya jabarkan sebagai berikut :

ANTISEPTIK
Rebusan daun Kersen (Ceri) ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun Seri terbukti dapat membunuh bakteri sebagai berikut : C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun Seri ini disebabkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.

ANTI INFLAMASI
Rebusan daun Kersen (Ceri) juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.

ANTI TUMOR

Daun Kersen (Ceri) dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun Kersen (Ceri) ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.

ANTI URIC ACID (ASAM URAT)
Di Indonesia secara tradisional buah Kersen (Ceri) telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tersebut.
Sekian Postingan saya tentang Manfaat Buah Kersen (Ceri) Untuk Kesehatan, semoga postingan ini membawa manfaat informasi bagi kita semua.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

4 Responses to "MANFAAT BUAH KERSEN (CERI) UNTUK KESEHATAN"

  1. walapun kecil tapi berguna bagi kesehatan. terimakasih banyak informasinya..

    BalasHapus
  2. seminggu 1 kali saya rutin menghibur diri selepas kerja yg penat dg hobi memancing...di sekitar empang bnyk pohon ceri (seri) yg tumbuh dan jadi pelindung dari panas matahari..saya seringkali disela umpan belum dimakan ikan,selalu memetik dan lalu memakan buah seri merah yg ranum...wah,ternyata tnpa sadar saya sudah melakukan hobi & sekaligus pengobatan gratis ya...syukur lah kalo buah seri begitu bermanfaat..terima kasih infonya.

    BalasHapus
  3. ngak nyangka .. padahal selama ini buah dan daunnya suka disia-siakan

    BalasHapus
  4. Ternyata gak sia-sia aku makan karsen tiap hari.. ha ha ha.

    BalasHapus