MANFAAT BUAH DURIAN UNTUK KESEHATAN

Pernah dengar nama Durian? Salah satu buah yang banyak di gemari orang-orang ialah buah durian. Setiap tahun jika sedang musimnya, akan banyak kita jumpai pedagang buah durian yang berderet di pinggir jalan. Karena tekstur kulitnya yang berduri dan keras serta memiliki aroma yang khas, membuat buah ini mudah di ingat dan banyak diminati berbagai kalangan.

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya. Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Namun demikian, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah lai (D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Durian

Buah durian yang populer akan rasanya yang khas tidak hanya populer di Indonesia rupanya. Di mancanegara juga banyak penikmat buah berduri ini. Buah ini sebenarnya berasal dari Asia Tenggara yang kemudian menjadi populer di beberapa negara di dunia. Namun, bau dan rasanya yang harum ini ternyata tidak membuat semua orang jatuh cinta pada buah yang satu ini. Ada beberapa orang yang tidak senang bahkan alergi tehadap aroma harum dari buah ini.

Selain rasa dan aromanya yang menggugah selera ternyata ada banyak manfaat buah durian bagi kesehatan yang tersembunyi di balik duri-durinya.

Buah durian juga tidak kalah khasiatnya, yakni memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh seperti kalsium, fosfor, zat besi, potassium, niasin, thiamin, dan memiliki banyak kandungan vitamin. Untuk yang belum tahu apa saja manfaat buah durian bagi kesehatan, berikut akan saya jelaskan sedikit tentang manfaat buah durian bagi kesehatan :

Melancarkan proses pencernaan. 
Kandungan seratnya yang tinggi mampu memberantas sampah-sampah di usus sehingga sangat cocok di konsumsi bagi mereka yang sering sembelit. Baca juga, manfaat buah pisang hijau untuk pencernaan.

Mampu mengatasi anemia
Hal ini di sebabkan karena pada setiap buah durian mengandung folat atau vitamin B9 yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

Kesehatan Kulit
Buah durian juga banyak mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan juga sebagai anti penuaan sehingga akan menjaga kesehatan kulit kita.

Kesehatan Tulang
Manfaat buah durian bagi kesehatan lainnya berasal dari banyaknya kandungan kalsium dan potasium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Menjaga Kelenjar tiroid.
Menambah Nafsu Makan
Nah, untuk anda yang memiliki nafsu makan yang kurang alias malas makan dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Salah satu Manfaat buah durian bagi kesehatan berasal dari kandungan vitamin B1 nya yang mampu meningkatkan nafsu makan.

Menghilangkan Stress
Manfaat buah durian bagi kesehatan tidak hanya berasal dari kandungan vitamin B1 nya, vitamin B6 nya juga sangat baik untuk menghilangkan stres dan mengatasi depresi yang berlebihan.

Mengatasi Migran
Selain vitamin B1 dan B2, manfaat buah durian bagi kesehatan juga bisa diperoleh melalui kandungan Vitamin B2. Vitamin B2 yang terkandung dalam buah durian ini dapat mengatasi penyakit migran.

Kesehatan gigi dan Mulut
Karena banyak mengandung fosfor, buah durian juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Sekian manfaat durian, namun berhubung durian juga banyak mengandung kolesterol jadi disarankan jangan makan berlebihan. Untuk ibu hamil usahakan jangan makan buah durian ini. Info detail bisa ditanyakan pada dokter.