MANFAAT MINYAK KELAPA UNTUK KESEHATAN


Minyak kelapa merupakan jenis minyak nabati yang memiliki segudang manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, berkat kandungan di dalamnya, minyak kelapa ini diklaim dapat menghilangkan lemak perut hingga menurunkan risiko penyakit jantung. 

Perlu diketahui, bahwa minyak kelapa mengandung 100 persen lemak, 80-90 persen di antaranya merupakan lemak jenuh. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Minyak kelapa juga tidak mengandung kolesterol, serat, dan hanya sedikit vitamin, mineral, serta sterol. 


Berikut beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan


1. Menjaga kesehatan kulit 

Salah satu manfaat minyak kelapa, yakni mampu menjaga kesehatan kulit. BACA JUGA:  Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan, Rugi Kalau Tak Suka Perlu diketahui, mengoleskan ekstrak minyak kelapa ternyata dapat meningkatkan fungsi pelindung kulit.Minyak kelapa juga menawarkan efek anti-inflamasi yang tentu bisa membantu menjaga kesehatan kulit. 


2. Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) 

Salah satu manfaat minyak kelapa ternyata ampuh untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Pasalnya, minyak kelapa memiliki kandungan trigliserida rantai menengah (MCT) yang terbukti dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Menurut beberapa ahli, bahwa efek minyak kelapa extra virgin terhadap kolesterol mungkin sama dengan minyak zaitun. 


3. Mengelola stres 

Salah satu manfaat minyak kelapa, yakni mampu membantu mengelola stres. Hal tersebut dikarenakan minyak kelapa murni diduga memiliki sifat antioksidan. Perlu diketahui, bahwa stres yang muncul akibat radikal bebas mungkin bisa dilawan dengan antioksidan pada minyak kelapa.


4. Mencegah penyakit liver 

Salah satu manfaat minyak kelapa, yakni mampu mencegah penyakit liver. Studi dalam Journal of the Science Food and Agriculture, menguji coba tikus yang menderita penyakit liver untuk mengonsumsi diet glukosa tinggi. Hasilnya, tikus yang mengonsumsi minyak kelapa memiliki kesehatan hati lebih baik setelah 4 minggu dibandingkan mereka yang tidak. Hal tersebut menunjukkan potensi khasiat minyak kelapa dalam melindungi kesehatan hati. 


Demikian Postingan Singkat Manfaat Minyak Kepala untuk Kesehatan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Sumber Artikel : genpi.co