MANFAAT DAUN KUMIS KUCING UNTUK KESEHATAN ANAK DAN ORANG DEWASA

Manfaat daun kumis kucing tidak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Daun berkhasiat ini bisa menjadi obat alternatif saat si kecil sakit atau bila Anda memiliki keluhan kesehatan tertentu. Ingin tahu apa saja manfaat daun ini untuk kesehatan Anda dan anak-anak? Simak info berikut ini!


1. Meredakan Batuk

Manfaat daun kumis kucing yang pertama yaitu bisa membantu meredakan batuk. Daun ini dianggap sebagai obat batuk alami karena mengandung zat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri yang ada di tenggorokan. Bila dikonsumsi, bakteri penyebab batuk tersebut dapat diatasi dengan segera.


2. Mengatasi Sesak Nafas

Jika Anda atau si Kecil mengalami masalah sesak nafas, daun kumis kucing bisa menjadi obat penyembuh alami. Masalah sesak nafas yang diakibatkan oleh batuk atau asma bisa segera diatasi dengan cara mengonsumsi ramuan daun ini yang dicampur dengan ramuan herbal lain agar lebih berkhasiat.


3. Membantu Proses Detoksifikasi

Di Pulau Jawa, daun kumis kucing sering dikonsumsi sebagai teh. Banyak yang percaya bahwa daun ini dapat membantu proses detoksifikasi karena memiliki kandungan pembersih yang ampuh. Daun ini juga dapat membersihkan tubuh dari berbagai racun dan bahan asing yang mengendap dalam tubuh. Tubuh Anda pun nantinya akan lebih sehat dan bugar bila racun-racun dikeluarkan dari tubuh serta pencernaan akan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.


4. Mengurangi Gatal Karena Alergi

Saat tubuh Anda terasa gatal karena alergi, salah satu cara untuk meredakannya adalah dengan mengonsumsi daun kumis kucing. Anda hanya perlu merebus daun tersebut bersama dengan tanaman herbal lain seperti sambiloto dan temulawak. Setelah itu, saring ampasnya sebelum diminum. Jamu herbal berkhasiat ini akan mampu meringankan rasa gatal akibat alergi.


5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam tubuh. Anda dapat menurunkan kadar gula dan terhindar dari penyakit diabetes dengan memanfaatkan daun kumis kucing. Daun ini terbukti berkhasiat untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Anda pun dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang disebabkan oleh berlebihnya kadar gula dalam tubuh.


6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat lain dari daun kumis kucing yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Daun ini mengandung zat yang bermanfaat untuk mengatasi masalah darah tinggi. Selain itu, daun kumis kucing juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan penderita darah tinggi.


7. Mengatasi Masalah Ginjal

Daun kumis kucing dikenal dengan khasiatnya yang dapat mengatasi masalah penyakit ginjal. Daun ini sering dijadikan teh untuk diminum secara rutin oleh penderita penyakit ginjal. Selain itu, daun ini juga dipercaya dapat mengobati infeksi ginjal kronis atau akut serta berbagai penyakit lain. Dari berbagai penelitian medis yang dilakukan, daun kumis kucing pun terbukti mampu menghilangkan batu ginjal hingga ukuran 5 cm.


8. Anti Jamur

Daun kumis kucing mengandung senyawa yang dapat mencegah pertumbuhan jamur atau parasit yang hidup dalam tubuh. Dengan menggunakan daun ini, pasokan nutrisi jamur yang hidup dalam tubuh akan terpotong sehingga jamur tersebut tidak akan berkembang. Bila tubuh Anda terkena infeksi jamur, daun kumis kucing pun dapat membantu proses penyembuhan dengan cara dioleskan pada area yang terkena infeksi.


Demikian postingan singkat Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan Anak dan Orang Dewasa, jadi banyak sekali manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan tubuh Anda dan anak-anak. Maka dari itu, jangan ragu untuk menggunakan tanaman ini sebagai obat herbal efektif yang dapat membantu menyehatkan tubuh tentunya dengan takaran yang tepat dan ada baiknya berkonsultasi dengan ahli herbal di daerah anda untuk hasil yang lebih baik


Sumber Artikel : cleanipedia.com