MANFAAT TANAMAN SURUHAN / TUMPANGAN AIR UNTUK KESEHATAN

Tanaman Suruhan / Tumpangan Air
Dulu ditempat saya (dikampung) tanaman ini banyak saya jumpai, namun saat ini kayaknya agak susah dicari kecuali di area dekat persawahan pinggir kampung. Tanaman ini kadang kala orang menyebutnya dengan nama tumpangan air.

Tumpangan air (peperomia pellucida) adalah terna kecil semusim berakar dangkal yang biasa ditemukan tumbuh liar ditepi saluran air dan dipekarangan halaman yang tanahnya lebih lembab dan basah. tumbuhan yang tumbuh disepanjang waktuh dan ditempat yang sedikit teduh dan lembab ini dikenal di asia dan amerika tumbuahan berbiji ini sangat mudah tumbuh.

Banyak orang yang pernah melihat tanaman ini yang seperti rumput saja tapi banyak tidak mengetahui kalau seluruh bagian tanaman ini dapat dikonsumsi dan dijadikan tanaman obat, walaupu bisa dimakan tanaman ini lebih populer sebagai tanaman penyembuh untuk berbagai penyakit.

Nama lain tumpangan air ini di indonesia adalah suruhan, suruhan lebih banyak tumbuh liar saja dan bukan tanaman hias atau dibudidaya, herba yang tumbuh tegak dan akar yang berbentuk serabut halus ini  memiliki batang setinggi 20-30 cm, berair, bercabang bulat, tebal dan berwarna hijau keputih-putihan.

Tanaman ini memiliki bunga tersusun rapi dalam rangkain berbentuk bulir yang panjangnya 1-6 cm warnanya hijau terdapat diujung tangkai dan ketiak daun, berbuah pula bentuk bulat, ujungnya runcing dan sangat kecil.
bunga tanaman ini berbentuk bujur dan berwarna hijau ketika muda dan akan kecoklatab pada saat matang dan akan menghasilkan minyak sari jika dimasak.


Suruhan (Peperomia pellucida) sering juga dinamakan saladaan, rangu-rangu, sladanan, tumpangan air, gofu goroho. Tanaman ini tumbuh liar di pekarangan, areal persawahan, dan terkadang pada dinding yang lembab. Suruhan yang dianggap rumput oleh kebanyak orang ternyata kaya akan kandungan kimia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Suruhan mengandung zat kimia seperti alkaliod, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak asiri. Tanaman ini bersifat sejuk dan pedas. Tanaman suruhan mempunyai banyak manfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit ginjal, sakit kepala saat demam, sakit perut, luka bakar, bisul, jerawat, abses, radang kulit. 

Nah Berikut ini beberapa ramuan herbal suruhan sebagai obat tradisional alami untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti yang saya kutip dari postingan salah stu blog, silahkan disimak :

Dapat Mengobati Ginjal
Bahan
Herbal suruhan segar ukuran kecil, Air bersih 3 gelas
Cara Membuat
Cuci suruhan sampai bersih, lalu rebus dengan tiga gelas air bersih, biarkan beberapa saat hingga airnya tinggal dua gelas, baru kemudian diangkat, dinginkan, saring. Minum ramuan herbal suruhan 2 x 1 hari sebanyak 1 gelas. Minum saat masih hangat-hangat kuku. Ramuan herbal ini hanya satu kali pemakaian, jika minum lagi bikin ramuan baru.

Mengobati Radang Kulit
Bahan
Herbal suruhan ukuran kecil 2 tanaman dan Air bersih 3 gelas
Cara Membuat
Cuci herbal suruhan sampai bersih, lalu rebus sampai mendidih, biarkan hingga airnya tinggal dua gelas. Angkat, dinginkan, saring. Minum ramuan herbal suruhan 2 x 1 hari, masing-masing 1 gelas. Minum selagi hangat-hangat kuku. Ramuan herbal ini hanya dipakai satu kali saja, untuk berikutnya juga bikin yang baru.

Obat Sakit Kepala Saat Demam
Resep 1
Bahan
Daun suruhan 15 lembar
Cara 
Cuci daun suruhan sampai bersih, lalu tumbuk hingga lumat. Lalu Tempelkan herbal suruhan pada pelipis.
Resep 2
Bahan
Herbal suruhan ukuran kecil 2 tanaman dan Air bersih 3 gelas
Cara 
Cuci daun suruhan sampai bersih. Kemudian rebus menggunakan tiga gelas air bersih sampai mendidih, setelah mendidih jangan langsung diangkat, biarkan dulu beberapa saat hingga airnya tersisa dua gelas. Minum ramuan herbal suruhan 2 x 1 hari, setiap kali minum sebanyak 1 gelas. Minum selagi hangat-hangat kuku. Ramuan ini untuk pemakaian sekali saja, minuman selanjutnya silahkan bikin baru sesuai resep di atas.

Mengobati Sakit Perut
Bahan
Herbal suruhan secukupnya
Cara Membuat
Cuci suruhan sampai bersih, kemudian tumbuk hingga halus, peras airnya. Minum ramuan herbal suruhan.

Mengobati Luka Bakar
Bahan
Herbal suruhan secukupnya
Cara Membuat
Cuci suruhan sampai bersih, setelah bersih lalu lumatkan. Lalu tempelkan herbal suruhan pada luka bakar. 

Dapat Mengobati Bisul
Bahan
Herbal suruhan ukuran kecil 2 tanaman dan Air 3 gelas
Cara 
Cuci daun suruhan sampai bersih. Setelah bersih kemudian rebuslah sampai mendidih, biarkan hingga tinggal dua gelas. Angkat, dinginkan, saring. Minum ramuan herbal suruhan 2 x 1 hari, setiap kali minum sebanyak 1 gelas. Minum selagi hangat-hangat kuku. Ramuan obat bisul ini juga 1x pakai.

Dapat Menghilangkan Jerawat
Bahan
Herbal suruhan ukuran kecil 2 tanaman dan Air bersih 3 gelas
Cara 
Cuci herbal suruhan sampai bersih, setelah bersih rebus menggunakan tiga gelas air bersih sampai mendidih, biarkan hingga airnya tinggal dua gelas. Angkat, dinginkan, saring. Minum ramuan herbal suruhan 2 x 1 hari, sebanyak 1 gelas. Minum hangat-hangat kuku. Sama seperti lainnya, ramuan obat jerawat ini dipake sekali, selanjutnya ramu obat baru lagi.

Sekian postingan tentang Manfaat Tanaman Suruhan / Tumpangan Air untuk Kesehatan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa membaca postingan lainnya di blog kecil ini.

Sumber Artikel : herbal.tanijogonegoro.com