MANFAAT KAPULAGA UNTUK KESEHATAN

Kapulaga adalah sejenis buah yang sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga Jawa (Amomum compactum) dan kapulaga sabrang atau kapulaga India (Elettaria cardamomum); kedua-duanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae. Di Indonesia, yang umum disebut kapulaga adalah A. compactum itulah; sementara di negara-negara yang berbahasa Inggris yang umum disebut cardamom (true cardamom) adalah jenis E. cardamomum (lihat pada catatan di bawah). Uraian berikut ini merujuk pada A. compactum, tumbuhan asli dari Jawa, yang dahulu dikenal sebagai A. cardamomum. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kapulaga)

Disamping sebagai bumbu masakan, rupanya Kapulaga juga mempunyai manfaat yang istimewa untuk kesehatan kita. Berikut beberapa Manfaat Kapulaga untuk kesehatan yang sempat say abaca dari beberapa situs online, mari disimak sebagai berikut :

Kapulaga Untuk Sirkulasi Darah
Kapulaga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi darah sehingga sangat baik untuk penderita hipertensi. Kapulaga juga dapat mencegah pembekuan darah dengan menghentikan agregasi platelet.

Kapulaga untuk Masalah Pencernaan
Kapulaga membantu empedu dan cairan lambung sehingga mencegah keasaman. Jadi kapulaga sangat baik untuk pencernaan anda.

Kapulaga untuk Tulang
Kapulaga mengandung dua zat penting yang diperlukan untuk kesehatan tulang, mangan dan vitamin C. Hal ini penting terutama penting bagi wanita pasca menopause untuk membantu mencegah osteoporosis.

Kapulaga untuk Anti Nyeri
Kapulaga juga termasuk obat tradisional analgesik (penahan rasa sakit) dan juga membantu mengatasi kontra nyeri sendi, nyeri oto dan kejang. Kapulaga juga mempunyai sifat anti inflamasi dan dapat mengatasi gusi bengkak.

Kapulaga untuk Ginjal
Dari penelitian didapatkan kapulaga juga memiliki sifat diuretik dan sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Kapulaga juga bermanfaat mengatasi penyakit lain dari saluran kemih seperti nefritis dan sistitis.

Kapulaga untuk Imun/Kekebalan Tubuh
Kapulaga dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang dibutuhkan untuk melawan bakteri dan pantogen lainnya.

Kapulaga untuk Impotensi
Kapulaga telah lama dipercaya memiliki sifat afrodisiak dan mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini.

Kapulaga untuk Aromaterapi
Kapulaga tidak hanya baik untuk kesehatan, kapulaga juga membantu anda lebih rileks dan menghilangkan stres.

Sekian postingan Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Sumber Artikel : Wikipedia dan sumber online lainnya