MANFAAT BUNGA LAWANG UNTUK KESEHATAN


Bunga lawang atau Kembang Lawang atau pekak adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Rempah ini banyak digunakan di dalam masakan negara-negara Asia. Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional masakan Cina yaitu ngo hiong yang terdiri dari lima jenis rempah. Nama Bunga Lawang dalam Bahasa Tionghoa adalah ba jiao atau bat gok yang memiliki arti "delapan tanduk", sesuai dengan bentuknya yang memiliki delapan kelopak. 

Bunga Lawang mempunyai bau khas yang kuat. Dari asalnya di Cina, rempah ini mulai diperkenalkan di Eropa pada awal abad ke-17 dan sejak saat itu mulai meraih popularitas. Minyak yang dihasilkan dijadikan bahan perisa dalam minuman. Bunga Lawang sebenarnya bukannya bunga, ia adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Tinggi pohonnya bisa mencapai 8 meter. Ia mempunyai bunga yang cantik berwarna kuning. Bunga lawang berkembang-biak melalui biji benih. Buahnya dipetik sebelum ranum dan dikeringkan dengan bantuan cahaya matahari. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Bunga_lawang)
 
Bunga lawang banyak dipakai dalam masakan India yang kaya rempah misalnya untuk kari. Bangsa Thailand, Vietnam, dan Indonesia juga banyak memakai bunga lawang untuk penyedap masakan. Di Indonesia, bumbu ini digunakan di beberapa daerah yang memiliki ciri khas masakan berbumbu tajam. Misalnya saja Gulai Aceh, Rendang  Padang, masakan Jawa, dan Bali. Masakan sup akan lebih sedap apabila ditambahkan bumbu ini.

Bunga Lawang
Bunga lawang ialah bunga yang dari pohon cengkeh. Ini mempunyai bentuk menarik dengan daun-daun yang membubung dan bunga warna putih kehijauan yang unik. Selainnya sebagai bahan rempah-rempah, bunga lawang sudah dipakai dalam penyembuhan tradisionil sepanjang beratus-ratus tahun.

Kandungan Nutrisi yang Kaya
Bunga lawang memiliki kandungan bermacam nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan K, dan mineral seperti potassium, magnesium, dan kalsium. Kaya senyawa anti-oksidan, bunga lawang menolong menantang radikal bebas dan menurunkan peradangan pada tubuh.

Disamping pemakaian sebagai bumbu yang telah terbukti baik, Bunga lawang juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan yang sudah lama dikenal di masyarakat. Berikut beberapa Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan yang sempat saya baca dari beberapa situs online, antara lain :

1.Menangani Masalah Pencernaan
Bunga lawang sudah dipakai untuk menurunkan permasalahan pencernaan seperti kembung dan gas. Senyawa aktif didalamnya menolong menyantaikan otot-otot aliran pencernaan, kurangi ketaknyamanan.

2.Menurunkan Nyeri
Kandungan analgesik alami dalam bunga lawang membuat efisien saat menurunkan ngilu enteng sampai sedang, seperti sakit di kepala dan ngilu gigi.

3.Menjaga Kesehatan Jantung
Bunga lawang bisa menolong mempertahankan kesehatan jantung dengan kurangi tekanan darah dan kandungan cholesterol. Ini bisa menolong menghambat resiko penyakit kardiovaskular.

4.Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Yang mengandung antioksidan dan gizi yang kuat, bunga lawang bisa tingkatkan sistem ketahanan tubuh, membantu badan melawan infeksi dan penyakit.

5. Mengobati Batuk
6. Mengobati Flu


Sekian postingan Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Sumber Artikel : Wikipedia dan sumber online lainnya