MANFAAT BUAH CEREMAI UNTUK KESEHATAN

Buah Ceremai
Bicara tentang Pohon Ceremai, orang biasa akan teringat Pohon Belimbing, hal ini dikarenakan kedua pohon sangat mirip namun berbeda dalam bentuk buahnya. Buah yang agak masam ini selain bisa digunakan untuk membuat manisan bisa juga bermanfaat untuk kesehatan. Nah sebelum kita bahas tentang Manfaat Buah Ceremai untuk Kesehatan mari kita simak apa itu Ceremai.

Cerme, cereme atau ceremai adalah nama sejenis pohon dengan buahnya sekali. Buah yang masam ini dikenal pula dengan nama-nama lain seperti ceremoi (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan yang lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus.  Cerme diperkirakan memiliki asal-usul dari Madagaskar. Kini cerme telah menyebar ke berbagai wilayah tropis seperti di Asia Tenggara (Vietnam selatan, Laos, Indonesia dan Malaya bagian utara), kepulauan-kepulauan Mauritius, RĂ©union dan Rodrigues di Samudra Hindia, serta di Guam, Hawaii dan beberapa kepulauan lain di Samudra Pasifik. Pada tahun 1793, tanaman ini dibawa ke Jamaika dari Timor; dan semenjak itu menyebar luas ke seluruh kepulauan Karibia, diikuti kemudian dengan masuknya ke Amerika Tengah dan Selatan. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ceremai)

Yang bisa dimanfaatkan baik untuk kesehatan atau kecantikan adalah buah dari pohon tersebut. Buah yang mempunyai kandungan tanin, saponin, flavonoida, polifenol dan alkaloid bisa digunakan untuk menyembuhkan urus-urus dan bahkan bisa digunakan sebagai pelangsing perut secara alami;

Berikut ini adalah Manfaat Buah Ceremai untuk Kesehatan dan Kecantikan sekaligus cara membuat dan menggunakannya;yang saya kutip dari salah satu blog.

Mengatasi Urus-urus
Bahan-bahan yang diperlukan adalah  daun ceremai sebanyak 3 g dan ½  gelas air matang. Cara Membuat dan Menggunakan : Cuci daun ceremai hingga bersih, kemudian keringkan. Tumbuk hingga halus dan seduh dengan ½ gelas air matang. Setelah dingin minum ramuan sekaligus.

Mengatasi mual
Bahan-bahan ialah beberapa lembar daun cermai. Cara Membuat dan Menggunakan : Cuci daun hingga bersih. Kemudian, kunyah dan telan airnya. Sedangkan ampasnya dibuang.

Mengobati Asma
Bahan-bahan yang digunakn adalah  6 biji ceremai, 2 siung bawang merah, 1 genggam akar kara, 8 butir buah kelengkeng, 2 gelas air, dan air gula secukupnya. Cara Membuat dan Menggunakan : Cuci semua bahan hingga bersih kemudian tumbuk. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air, hingga air rebusan tersisa sekitar 1 gelas. Tunggu hingga dingin, kemudian saring. Tambahkan air gula secukupnya dan minum ramuan dua kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 1 gelas.

Melangsingkan Badan
Bahan-bahan yang dipergunakan ialah beberapa lembar daun cermai kering dan air panas sebanyak satu gelas saja. Cara Membuat dan Menggunakan : Seduh daun ceremai yang sudah dikeringkan dengan segelas air panas. Minum ramuan sekali sehari.

Sekian postingan tentang Manfaat Buah Ceremai untuk Kesehatan semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : indoblog