MANFAAT TANAMAN BENALU KOPI BAGI KESEHATAN


Pernah dengar tentang Kopi? Pasti kita semua pernah minum kopi atau setidaknya pernah dengar, apalagi di kawasan kami Aceh, minum kopi menjadi kebiasaan bagi kami dan warung kopi tersebar di seluruh pelosok kota dan desa.


Tanaman benalu kopi ataupun biasa dikenal dengan Loranthus parasiticus Merr (L. parasiticus) adalah jenis tanaman obat penting yang kerap digunakan dalam pengobatan tradisional China. 


Menurut jurnal ilmiah The American Journal of Chinese Medicine, benalu kopi bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Neuroprotektif, penenang, antikanker, imunomodulator, antivirus, diuretik dan agen hipotensi adalah sebagian manfaat dari benalu kopi untuk kesehatan. Informasi selengkapnya bisa dibaca di sini!


Apa saja sih Manfaat Benalu Kopi untuk kesehatan kita?


Disebut benalu kopi ternyata bukan tanpa alasan, pasalnya tanaman ini memang melekat pada tanaman kopi dan merupakan tanaman parasit. Wilayah penghasil benalu kopi terbesar di Indonesia adalah Aceh. Bisa jadi karena Aceh memang punya banyak tanaman kopi.  

Menyadari kalau benalu kopi memberikan manfaat signifikan, benalu kopi pun kerap digunakan sebagai tanaman kesehatan untuk penanganan kondisi-kondisi tertentu. Apa saja manfaat benalu kopi bagi kesehatan?


1. Mencegah dan Mengobati Kanker

Tanaman benalu kopi mengandung senyawa antikanker seperti flavonoid kuersetin yang dapat mengurangi reaktivitas terhadap radikal bebas. Kuersetin akan mengikat radikal bebas sehingga dapat mengurangi akibat dari keberadaan radikal bebas dalam tubuh, salah satunya adalah kanker. 


2. Mengatasi Masalah Tidur Mendengkur

Menyeduh benalu kopi dapat membantu mengatasi masalah tidur mendengkur. Ini karena benalu kopi dapat melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darah tidak lancar, maka seseorang bisa tidur mendengkur. 


3. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. Benalu kopi dapat membantu mengatasi masalah hipertensi yang bermanfaat untuk pencegahan penyakit lainnya.  Daun, buah, dan bunga pada benalu kopi juga dapat mengobati luka, demam, infeksi malaria ataupun kesehatan setelah melahirkan.


4. Mengatasi Radang Sendi

Kandungan di dalam benalu kopi dapat mengatasi masalah radang sendi. Ada banyak penyebab radang sendi, mulai dari usia, aktivitas fisik, ataupun mengidap penyakit tertentu. Mengonsumsi benalu kopi dapat mengurangi gejala yang biasa menyertai kondisi radang sendi.


5. Minuman Kesehatan Buat yang Baru Sembuh Sakit

Selain bermanfaat untuk mengobati masalah kesehatan spesifik, tanaman benalu kopi juga direkomendasikan sebagai minuman kesehatan bagi yang baru sembuh sakit. Tanaman benalu kopi dapat mempercepat kesembuhan dan memulihkan stamina yang rontok akibat sakit.


Demikian singkat mengenai manfaat benalu kopi untuk kesehatan, semoga bermanfaat bagi pembaca 


Sumber Artikel : halodoc.com