MANFAAT SORGUM UNTUK KESEHATAN


Mengenal Tentang Tanaman Sorgum 

Sorgum adalah tanaman serealia yang berasal dari Afrika Timur. Tanaman ini populer sebagai sumber pangan alternatif di Indonesia dan daerah tropis lainnya.Kemudian,tumbuhan ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan berpotensi sebagai pengganti beras.


Tumbuhan berbentuk bulat, ukuran kecil, dan warna agak kecoklatan. Tanaman ini dapat digunakan sebagai pengganti gandum. Tingginya menjulang dengan buah kecil yang terkumpul di ujung batangnya di ladang. Tumbuhan ini memiliki toleransi yang tinggi terhadap kekeringan dan merupakan pilihan yang cocok untuk pertumbuhan di daerah tropis.


Kandungan Sorgum

Sorgum memiliki kandungan protein, serat, kalsium, fosfor, dan zat besi yang lebih tinggi daripada beras, serta kandungan lemak dan gula yang lebih rendah.

Dalam 100 gram sorgum mentah terdapat sekitar 330 kalori dan nutrisi penting lainnya, seperti:

– Protein: 11 gram

– Lemak: 3 gram

– Karbohidrat: 72 gram

– Serat: 7 gram


Selain itu, juga kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, zinc, vitamin B1 (tiamin), dan piridoksin (vitamin B6). Biji-bijian ini juga mengandung senyawa tanin, fenolik, dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.


Keunggulan Tanaman Sorgum

Sorgum memiliki kemampuan adaptasi yang luas terhadap berbagai kondisi lingkungan. Tanaman ini dapat tumbuh baik dalam kondisi banjir maupun kekeringan, sehingga sangat cocok untuk ditanam di daerah dengan kondisi tanah yang tidak stabil.

Kekuatan tanaman untuk bertahan dalam kondisi banjir dan kekeringan membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk ditanam di daerah dengan iklim ekstrem. Hal ini memungkinkan petani untuk tetap mendapatkan hasil panen yang baik meskipun menghadapi kondisi cuaca yang tidak stabil.

Tanaman ini dapat ditanam secara berulang-ulang dalam satu musim tanam. Kemampuan ini memungkinkan petani untuk memperoleh hasil panen yang lebih banyak dalam waktu yang relatif singkat.

Tanaman ini mampu memanfaatkan sumber daya yang ada dengan efisien, sehingga dapat memberikan hasil yang baik meskipun ditanam di lahan yang tidak optimal.


Nah berikut beberapa Manfaat Sorgum Untuk Kesehatan seperti yang kami kutip dari postingan Fakultas Pertanian UMSU, silahkan disimak :


Sorgum Kaya akan serat

Sorgum mengandung serat yang lebih tinggi daripada beras dan gandum. Serat ini berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan membantu mengikis kolesterol berbahaya (LDL), sehingga dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke.


Sorgum Aman bagi penderita alergi gluten

Tanamanini bebas gluten, sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki alergi atau sensitivitas terhadap gluten.


Sorgum Kaya akan zat besi

Mengandung kadar zat besi yang tinggi, yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, merangsang dan memperbaiki pertumbuhan sel, serta meningkatkan pertumbuhan rambut.


Sorgum Membantu Menjaga kesehatan tulang

Terdapat magnesium tinggi yang membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga dapat menjaga kesehatan tulang.


Sorgum Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam tumbuhan ini membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.


Sorgum Membantu Mengontrol diabetes

Memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.


Sorgum Membantu Meningkatkan energi

Sorgum mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi bertahap dan tahan lama, sehingga baik untuk meningkatkan energi tubuh.


Sorgum Membantu Meningkatkan kesehatan jantung

Serat dan nutrisi yang terkandung dalam tumbuhan ini membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.


Sorgum Membantu Menjaga sistem pencernaan

Dengan Kandungan serat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit.


Sorgum Membantu Menurunkan kolesterol

Serat yang terkandung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


Sorgum merupakan tanaman yang memiliki berbagai keunggulan dan manfaat kesehatan yang signifikan. Kandungan nutrisi yang tinggi dan kemampuan adaptasinya yang luas membuat sorgum menjadi pilihan yang baik sebagai sumber pangan alternatif dan sebagai tanaman yang ramah lingkungan.


Demkian postingan singkat tentang manfaat sorgum untuk kesehatan, semoga artikel ini menambah wawasan pembaca sekalian


Sumber Artikel : faperta.umsu.ac.id