MANFAAT KEMBANG KOL UNTUK KESEHATAN

Kembang Kol alias Bunga Kol
Anda pasti kenal dengan sayuran yang satu ini. Sayuran ini selalu enak untuk dikonsumsi entah itu ditumis, dibuat sup, atau bahkan digoreng menjadi semacam tempura sayuran. Walaupun begitu nyatanya masih ada saja yang tidak suka mengonsumsi sayuran kembang kol, saya awalnya juga tidak terlalu suka akan sayuran ini alasannya simpel malas masak (dulu sebelum berkeluarga).

Kembang Kol atau Bunga Kol ini sebenarnya kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti dilansir dari healthmeup.com. Nah berikut beberapa manfaat sehat dari makan kembang kol, silahkan disimak :

Kembang Kol Kaya akan Nutrisi
Kembang kol dikemas dengan B-Vitamin seperti tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat dan asam folat. Kembang kol juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K. Kembang kol menawarkan sumber protein yang baik, fosfor, mangan dan kalium.

Kembang Kol Tinggi zat antioksidan
Kembang kol sangat tinggi akan zat antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, kaempferol, quercetin, rutin, asam sinamat, dan fitonutrien. Zat antioksidan akan meningkatkan pertahanan sel tubuh dalam melawan radikal bebas.

Kembang Kol Membantu Menyehatkan otak
Tak hanya menyehatkan tubuh, makan kembang kol ternyata juga mampu menyehatkan otak Anda. Hal ini disebabkan karena kembang kol tinggi akan kolin yang membantu menghambat penurunan memori yang berkaitan dengan usia serta meningkatkan fungsi kognitif bayi.

Kembang Kol membantu Mencegah kanker
Kembang kol merupakan sumber sulforaphane - senyawa sulfur yang menghancurkan sel-sel induk kanker, sehingga memperlambat pertumbuhan tumor. Beberapa peneliti percaya bahwa menghancurkan sel-sel induk kanker mungkin memegang peranan penting untuk mengendalikan kanker.

Kembang Kol Mengandung zat anti-inflamasi
Indole-3-carbinol atau I3C merupakan senyawa anti-inflamasi yang terdapat di dalam kembang kol. Zat ini mampu mencegah peradangan di dalam tubuh.

Kembang Kol Menyehatkan pencernaan
Satu cangkir kembang kol mengandung 3,35 gram serat. Serat berfungsi untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan membantu menghilangkan limbah dari dalam tubuh. Selain itu kembang kol mengandung glucoraphin, senyawa yang memiliki efek perlindungan pada lapisan perut sehingga dapat mencegah penyakit seperti kanker usus.

Kembang Kol membantu Memperbaiki jaringan tubuh
Kembang kol kaya antioksidan vitamin C, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen protein yang digunakan untuk membuat kulit, jaringan parut, tendon, dan ligamen.

Sekian postingan manfaat kembang kol untuk kesehatan, Jadi, mulai saaat ini tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi kembang kol ya, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : merdeka.com