MANFAAT JAMUR CORDYCEPS UNTUK KESEHATAN

Manfaat Jamur Cordyceps
Meskipun agak jarang kita dengar karena Jamur jenis ini tidak tumbuh di daerah kita, rupanya jamur ini cukup berguna dan telah lama digunakan oleh Ahli Pengobatan tradisional dari Negeri Tiongkok. Ya Jamur yang saya maksud adalah Jamur Cordyceps.  Cordyceps merupakan jenis jamur yang memiliki manfaat sekaligus beracun. Berasal dari genus ascomycete fungi yang memiliki sekitar 400 identifikasi spesies dan masih banyak lagi yang masih dalam proses identifikasi oleh para ilmuwan. Cordyceps berasal dari bahasa latin, dari kata Cord yang berarti Club, dan Ceps yang berarti kepala. Biasanya jamur ini menyerang para serangga serta antropoda juga beberapa juga memparasit fungi lain. Cordyceps mempunyai daya hidup yang sangat kuat, makanannya adalah akar dan batang tanaman kecil dataran tinggi. Dalam proses pertumbuhannya di dalam tanah selama 2 tahun, ia bisa bertahan tidak makan dalam waktu yang panjang. Tahan terhadap cuaca dingin dan oksigen tipis. Sekarang ini, spesies dari genus Cordyceps yang paling terkenal adalah Cordyceps sinensis

Jamur Cordyceps memiliki sejarah panjang dalam pengobatan menggunakan jamur. Permulaan penggunaan jamur ini dimiliki oleh seorang medikal Tibetian bernama Zurkhar Nyamnyi Dorje yang menguraikan kecendrungan tonic dari Yartsa gunbu(Cordyceps sinensis yang diganti nama Ophiocordyceps sinensis). Meskipun banyak yang mengklaim secara berulang kali bahwa jamur ini telah digunakan ribuan tahun lalu sebagai obat tradisional China, tetapi sejauh ini tidak ada sumber yang jelas mengenai kebenaran tersebut. Pada “Kitab Obat-obatan Herbal Edisi Baru” tahun 1757 dan “Kumpulan Kitab Obat-obatan Herbal” tahun 1759 dan berbagai kitab kedokteran China, terdapat catatan rinci tentang Cordyceps Mycellium. Cordyceps mycelium mengandung kira-kira 7% asam cordyceps sinensis, 25% protein, 8,4% lemak (diantaranya 82,2% merupakan asam lemak tak jenuh), mengandung 20 jenis asam amino (termasuk 8 jenis asam amino yang diperlukan tubuh manusia), dan banyak mengandung vitamin, mineral, ergosterol, hexoserol, serta berbagai basa da enzim biologis.

Nah bicara tentang Manfaat Jamur Cordyceps ini, berikut beberapa Manfaat jamur Cordyceps dengan spesies Mycellium untuk kesehatan seperti yang saya kutip dari forum kaskus, silahkan disimak :

Manfaat Terhadap Paru-Paru
Berikut beberapa penyakit yang terkait paru-paru yang dapat diatasi dengan Jamur Cordyceps ini, diantaranya :
  • Batuk , napas pendek, bengek, asma, masuk angin berkeringat, TBC dan penyakit paru-paru lainnya. 
  • Mengatasi kekurangan oksigen (hypoxia) dalam paru-paru. 
  • Mengatasi lemah paru-paru serta memperbaiki fungsi gaya mekanik sel paru-paru. 
  • Memperbesar pembuluh darah, sehingga meningkatkan pasokan darah ke paru-paru. 
  • Memberikan daya penyembuhan dan pemulihan kesehatan yang menyeluruh terhadap penyakit - penyakit saluran pernapasan. 

Manfaat Terhadap Jantung dan pembuluh darah
Cordyceps dapat secara pelan dan terus menerus menambah volume aliran darah pembuluh jantung, menyeimbangkan zat kalsium dan phosphorisasi. Memberi efek penyembuhan dan pemulihan yang stabil. Cordyceps ampuh dalam menekan terjadinya penumpukan trombosit, daya tekanannya 13,3 % - 48,5 %, sehingga merupakan anti pembekuan darah dalam pembuluh jantung yang mempunyai prospek besar. Menambah volume aliran darah pembuluh jantung.

Manfaat Terhadap Penyakit Hepatitis dan Sirosis Hati
Cordyceps langsung memperbaiki fungsi hati, sangat berharga sebagai obat pencegah sirosis hati. Dewasa ini baik di RRC maupun di seluruh dunia masih kekurangan obat ampuh terhadap anti sirosis hati. Impor obat pengatur kekebalan yang dikenal sebagai 'zat penghambat' ternyata tidak ideal bagi orang Asia, di samping harganya yang jauh di atas Cordyceps
.
Manfaat Terhadap Ginjal dan Seksual
Berdasarkan hasil penelitian kedokteran modern, Cordyceps dapat memperbaiki kemampuan mekanisme sel struktur ginjal, melancarkan pengeluaran air seni, mengurangi dan memperbaiki penyakit pembuluh halus dan gelembung-gelembung ginjal, juga memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh pemakaian obat - obatan. Menekan infeksi kronis dan penyakit darah phosphor tinggi. Secara efektif mengendalikan semakin parahnya gejala keracunan air seni. Juga bermanfaat untuk pegal pinggang lemah tungkai, ejakulasi dini, sering kencing malam, lemah ginjal dan lemah paru-paru. 

Manfaat Terhadap Daya Tahan Tubuh
Fungsi pengatur kekebalannya bersifat dua arah, selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh manusia, juga memberikan daya pengendalian kekebalan bagi orang yang mempunyai kekebalan berlebih. Cordyceps juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan bisa berfungsi sebagai anti biotik alami, serta bisa membantu tubuh melawan kanker dan tumor, meningkatkan daya tahan tubuh serta menurunkan peradangan 

Sekian postingan Manfaat Jamur Cordyceps Untuk Kesehatan, smoga bermanfaat. Bila ingin melakukan pengobatan herbal dengan Jamur Cordyceps ini ada baiknya berkonsultasi langsung dengan ahli herbal terdekat agar tidak salah memilih obat herbal karena beragam jenis jamur cordyceps tersedia, salah-salah bisa ketemu yang beracun.

Sumber Artikel : kaskus.co.id