MANFAAT DAUN BUNGA ROSEMARY UNTUK KESEHATAN


Bunga Rosemary


Biasanya selama ini kita sering mengangapnya hanya sebagai hiasan saja. ya memang jenis ini sering dijadikan bunga hias didepan rumah tanpa kita sadari rupanya ini adalah obat yang kita buang percuma. 


Di daerah luar, Rosemary sejenis minyak Atsiri seringkali digunakan sebagai bahan bumbu masakan dalam bentuk kering maupun segar. Kini rosemary dikenal sebagai kesehatan bahan obat herbal dan kecantikan.

Ciri-ciri Rosemary yaitu merupakan tanaman batang dan berkhasiat sebagai ramuan untuk bahan pengharum. Warna daun ini hijau seperti Jarum, sedangkan untuk warna bunganya ada yang putih, merah muda, ungu, atau biru. Bunga Rosemary merupakan tanaman asli Mediterinea.

Spesifikasi ilmiah Bunga Rosemary yaitu :
Kerajaan: Plantae
Divisi    : Magnoliophyta
Ordo    : Lamiales
Keluarga: Lamiaceae
Spesies : Rosmarinus Officinalis.

Nah berikut beberapa macam khasiat Kandungan Intisari dan Manfaat Bunga Rosemary untuk Kesehatan seperti yang saya baca di postingan salah satu blog, silahkan disimak :

Meningkatkan daya ingat memori otak dan bebrapa jenis kanker
Menanam tanaman Rosemary secara alami dapat membantu daya ingat memori otak baik ditanam dirumah atau dikantor. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Neuroscience menunjukkan bahwa ketika aroma rosemary tersebar di tempat kerja, rosemary dapat membantu meningkatkan daya memori otak. Penelitian lain di Jurnal Cell telah menemukan bahwa asam carnosic di Rosemary befungsi untuk merangsang saraf otak dan mencegah ‘Alzheimer’ yang disebabkan karena faktor penuaan. Kandungan intisari rosemary  sifat carnisol merupakan senyawa yang membantu mencegah kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat, kanker usus dan leukemia.

Memelihara kulit kepala, meningkatkan pertumbuhan rambut tampil lembut dan mengkilap
Oleskas minyak rosemary pada kulit kepala secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah dikulit kepala sehingga rambut terlihat tampil lembut dan mengkilap, serta dapat bebas dari ketombe dan rasa gatal-gatal dikepala.

Menghilangkan Kerut menjadi Kulit Kencang
Oleskan minyak rosemary pada seluruh tubuh secara tertur. Minyak rosemary dapat membantu untuk meringankan kram perut dan nyeri yang disebabkan, karena menstruasi dan gangguan pencernaan. Minyak ini juga dikenal untuk meringankan nyeri sendi dan luka otot.

Mencegah Noda, Jerawat dan Komedo
Kadungan intisari rosemary memiliki senyawa zat alami dapat digunakan sebagai pembersih muka berminyak dan memiliki sifat anti-bakteri dalam mencegah noda, jerawat, iritasi kulit dan komedo serta dapat mengobati proses penyembuhan akibat luka. Selain itu juga dipakai sebagai bahan krim anti-age dalam regenerasi sel, mengencangkan kulit dan mengurangi bengkak kulit.

Pembersih perabot Rumah Tangga
Dapat dipakai sebagai bahan pembersih lantai, ramuan rosemary dapat mengusir serangga, tikus dan nyamuk dengan cara menyemprotkan aroma dalam ruangan. Ramuan ini juga dapat menangkal hama dalam tanaman. Kandungan intisari rosemary juga bersifat antiseptik untuk membersihkan dapur dan kamar mandi dengan cara merebus segenggam daun rosemary dalam dua cangkir selama sepuluh menit.

Perhatian Penggunaan
Rosemary tidak memiliki efek samping seperti itu, tetapi dokter menyarankan agar ibu hamil harus menghindari konsumsi dalam jumlah besar. Hal ini dapat menyebabkan kontraksi rahim dan dalam kasus yang jarang, bahkan keguguran. Hal ini juga dapat menyebabkan peningkatan pada tingkat tekanan darah, sehingga orang-orang dengan tekanan darah tinggi harus menghindarinya.

Sekian postingan  Manfaat Bunga Rosemary untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : galuhpost.com