MANFAAT JERUK BALI UNTUK KESEHATAN

Jeruk bali, jeruk besar, atau pamelo (bahasa Inggris: pomelo, ilmiah: Citrus grandis, C. maxima) merupakan jeruk penghasil buah terbesar. Nama "pomelo" sekarang disarankan oleh Departemen Pertanian karena jeruk ini tidak ada kaitannya dengan Bali. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Jeruk_bali)

Jeruk bali tidak hanya memberikan rasa yang segar tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan bagi kesehatan tubuh kita. Seperti dikutip dari time of india, tinggi akan vitamin C dan antioksidan, buah persilangan antara jeruk manis dan jeruk bali memiliki sejumlah manfaat yang ditawarkan. Beberapa Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan :

1. Tinggi akan enzim yang berfungsi membakar lemak dan rendah natrium. Memiliki kadar air yang tinggi, jeruk Bali meningkatkan metabolisme dan cocok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

2. Kandungan asam salisilat untuk memecah kalsium anorganik tubuh yang menumpuk di tulang rawan sendi. Jika Anda penderita arthritis atau nyeri sendi, jus jeruk bali bisa membantu pengobatan.

3. Mengandung likopen yang bisa mencegah radikal bebas yang menyebabkan kanker.

4. Mengandung naringenin, senyawa lain antioksidan yang membantu perbaikan DNA yang rusak dalam sel kanker prostat.

5. Antioksidan dalam jeruk bali membantu mengurangi kadar kolesterol. Namun jika Anda dalam pengobatan dengan obat-obat kimia, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, karena jeruk bali bereaksi negatif terhadap beberapa obat.

6. Mengandung serat makanan yang disebut pectin yang mempromosikan pencernaan yang lebih baik.

7. Mengandung unsur-unsur penting seperti zat besi, kalsium, potasium, mangan, magnesium, asam fosfor, folat dan vitamin B

Demikian postingan saya tentang Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel : http://gayahidup.inilah.com