KELEBIHAN DAN KELEMAHAN OBAT HERBAL

Obat Herbal
Tidak ada metode pengobatan apa pun yang sempurna tanpa adanya kelemahan atau kekurangan. Tetapi dengan sikap objektif; memahami kekurangan suatu metode pengobatan justru merupakan langkah positif terhadap perbaikan suatu metode tersebut.

Dengan mengetahui kekurangan, diharapkan akan muncul upaya-upaya untuk mengantisipasi sehingga menjadi lebih baik. Lain halnya jika kekurangan terus-menerus ditutupi, justru akan membuat metode pengobatan tersebut tidak akan mengalami perkembangan dan perbaikan. Sehingga ketika dijumpai suatu masalah maka tidak akan bisa melakukan langkah antisipasi untuk mengatasinya.

Metode yang berasal dari Negara-negara Barat banyak mendominasi dunia medis. Hal ini disebabkan perkembangan metode pengobatan banyak berasal dari ahli-ahli yang ada di Negara tersebut. Sementara untuk metode pengobatan yang lain masih dianggap kurang berkembang karena sedikitnya orang yang tertarik mendalaminya atau sedikitnya orang yang berobat dengan metode tersebut.

Seiring berkembangnya zaman, pemikiran-pemikiran yang didasari ketidakpuasan atas metode pengobatan medis Barat mulai muncul. Akibatnya metode alternative semakin berkembang dan ikut menambah porsi peranannya dalam pengobatan. Rasa tidak puas dari metode pengobatan medis Barat biasanya disebabkan, 
  1. Adanya beberapa penyakit yang sama sekali tidak bisa diobati dengan metode pengobatan medis. Hal inilah yang membuat seseorang harus mencari metode alternative yang diyakini bisa memberikan pengobatan. 
  2. Pada beberapa penyakit memerlukan biaya pengobatan yang mahal sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa memanfaatkannya. 
  3. Pada beberapa kasus pengobatan secara medis lebih rumit dan memerlukan prosedur yang ketat–mungkin juga birokrasi yang berbelit-belit sehingga kadang-kadang membuat kelelahan sebelum tujuan pengobatan itu tercapai dan pembengkalan biaya pengobatan. 
  4. Efek samping yang muncul relative lebih berbahaya sehingga membutuhkan pengawasan yang lebih ketat. 
  5. Pada beberapa penyakit memerlukan cara-cara pengobatan yang dianggap menakutkan, seperti operasi/pembedahan, radiasi, kemoterapi dan lain-lain. 
  6. Karena metode ini berasal dari Negara-negara Barat maka beberapa kelompok muslim ada yang kurang bisa menerimanya. 
Kelebihan medis dibanding dengan pengobatan alternative diantaranya adalah: 
  1. Saat ini merupakan metode pengobatan terhadap suatu penyakit yang paling luas secukupnya. 
  2. Mempunyai efek terapi yang cepat sehingga sesuai untuk mengobati penyakit-penyakit yang bersifat emergency (gawat darurat).
  3.  Mempunyai berbagai macam teori-teori tentang kesehatan yang paling banyak digunakan pada saat ini dan mudah untuk disebarkan. 
  4. Mempunyai tempat pelayanan pengobatan yang luas dan menjangkau sampai daerah-daerah sulit. 
  5. Mempunyai sistem pengajaran yang lebih fleksibel dan efektif melalui berbagai lembaga pendidikan sehingga bisa mudah disebarluaskan. 
  6. Menggunakan metode penelitian yang lebih rinci dan detail terhadap suatu produk obat atau cara pengobatan secara ilmiah sehingga bisa dipertanggungjawabkan. 
  7. Menggunakan izin resmi dari pemerintahan terkait praktek pengobatannya sehingga lebih bisa dipertanggungjawabkan. 
Beberapa kelebihan metode alternatif herbal dibanding metode medis : 
  1. Relatif aman dari efek samping untuk dikonsumsi dalam jangka waktu lama. 
  2. Sesuai untuk gangguan kesehatan terutama penyakit kronik dan degeneratif seperti hipertensi, kencing manis, rematik, asma, penyebaran sel-sel kanker, dan lain-lain. 
  3. Metode herbal menggunakan unsur-unsur obat yang lebih alami sehingga diharapkan tubuh lebih mudah untuk menerima dan bisa menolerirnya. 
  4. Bisa menyembuhkan beberapa penyakit tertentu yang tidak bisa diobati dengan cara medis. 
  5. Mengandung motivasi psikis, keyakinan, kepasrahan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan semangat dalam berobat untuk mencapai kesembuhan. 
Disarikan dari berbagai sumber.