MANFAAT TEBU UNTUK KESEHATAN

Manfaat Tebu
Kayaknya tiada hari tanpa makan gula, apalagi sebagai peminum kopi tentunya kopi tidak akan nikmat tanpa ditambahi gula. Gula berasal dari Aren atau Tebu. Nah kali ini saya akan membahas tentang khasiat tanaman yang satu ini untuk kesehatan kita. Jadi mungkin selama ini kita hanya tahu tebu hanya sebagai pemanis, maka kali ini saya akan berbagi khasiat lain yang tersembunyi dari si tumbuhan manis ini. Tebu memang bukan tanaman yang asing lagi bagi kita. Tanaman tersebut terkenal sebagai tanaman penghasil gula dan vetsin. Tebu atau sugar cane memiliki nama ilmiah Saccharum Officanarum. Tanaman tersebut merupakan keluarga gramine atau sejenis suku rumput – rumputan. Pohon tebu berbentuk batang memanjang ke atas dan terdapat ruas – ruas di batangnya. Sedangkan daunnya terdapat pada setiap ruasnya.

Kondisi tanah yang mendukung pertumbuhan tebu secara optimal adalah tanah yang kering – kering basah. Tanaman tebu bisa tumbuh di daerah beriklim udara sedang sampai panas.. Di Indonesia tanaman tebu banyak di budidayakan di pulau Jawa dan Sumatera. Hal tersebut tidak lepas dari manfaat tebu sebagai penghasil gula dan vetsin. Negara penghasil gula terbesar di dunia adalah Brasil dan India. Sedangkan di Negara Karibia tebu di olah menjadi falemum dan dipergunakan sebagai bahan campuran cocktail.

Kandungan Tebu

Tebu ternyata tidak hanya bisa menghasilkan gula pasir dan vetsin saja. Di dalam air tebu mengandung beberapa zat yang bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk penyakit tertentu. Berikut ini kandungan atau senyawa yang ada dalam air tebu :

Octacosanol
Di dalam air tebu mengandung senyawa octacosanol yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh serta memberikan perlindungan terhadap oksidasi protein darah. Hasil penelitian yang di lakukan oleh National Center for Scientific Research, Havana, Kuba, menyatakan bahwa senyawa sejenis alkohol rantai panjang tersebut mampu menekan sintesa kolesterol yang diproduksi di dalam hati. Hal tersebut ditunjukkan dari adanya pengaturan enzim reduktase HMG-CoA yang membatasi laju sintesa kolesterol. Pemberian octacosanol 10 mg per hari terbukti menurunkan kolesterol darah sebanyak 17,5% dan LDL-kolesterol sebanyak 21,8%. Akan tetapi hal tersebut tidak meningkatkan kadar glukosa atau glikemik darah dan justru malah menigkatkan kadar HDL-koesterol sebanyak 11,3%. Mengkonsumsi octacosanol dalam jangka panjang efektif menurunkan dan mengontrol kolesterol darah tanpa efek samping.

Saccharant (Senyawa Antidiabetik)
Menurut dr. C J. Soegiharjo Apt. dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta air tebu memiliki efek antidiabetik karena mengandung Saccharant yaitu suatu senyawa jenis polisakarida non-pati yang berkhasiat sebagai antidiabetik. Namun sayangnya dalam pengolahan tebu menjadi gula pasir, senyawa polisakarida tersebut pecah saat proses pemanasan menjadi disakarida yang dikenal sebagai saccharosa (sukrosa) atau senyawa pencetus diabetes. Hal itulah yang membedakan air tebu dengan gula pasir.

Asam Lemak
Pada air tebu terdapat beberapa kandungan asam lemak seperti asam linoleat 36,1%, asam palmitat 25,0%, asam oleat 10,2%, asam linolenat 6,9%, dan asam arachidat 7,6%. Kandungan – kandungan tersebut memiliki efek anti radang dan analgetik (penghilang nyeri). Hal tersebut yang membuat tebu menjadi obat tradisional multifungsi. Secara tradisional tebu bisa dimanfaatkan sebagai antiracun, antiseptic, pengencer dahak, obat lambung, mengobati kanker paru – paru, beberapa tumor dan menyembuhkan luka. Air tebu juga bisa digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan vagina. Sedangkan ampas dari tebu bisa dipakai untuk menutup luka dan membalut patah tulang. Bahkan di India jus tebu dijadikan sebagai obat untuk mengobati tumor di bagian perut.

Nah berikut beberapa manfaat tebu untuk kesehatan seperti yang saya baca dari salah satu blog, sebagai berikut :

Tebu Membantu Kesehatan Gigi
Di Negara India tebu banyak dikonsumsi untuk kesehatan gigi dan gusi. Cara mengkonsumsinya adalah dengan meminum ekstrak dari sari tebu yang ditambahkan jeruk nipis dan garam. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kekuatan pada gigi dan gusi.

Tebu Membantu Kesehatan Jantung
Air tebu mengandung banyak karbohidrat yang dapat menambah kekuatan jantung, mata, ginjal dan otak. Dengan mengkonsumsi air tebu secara teratur diyakini dapat menjaga metabolisme tubuh dari kekurangan cairan dan dapat terhindar dari stroke.

Tebu Membantu Mencegah Sakit Tenggorokan dan Flu
Air tebu dapat menjaga metabolisme tubuh sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah sakit tenggorokan dan pencegah flu. Air tebu juga memiliki sifat alkali yaitu bersifat reaktif termasuk zat pereduksi kuat sehingga dapat membantu mencegah kanker payudara dan prostat.

Tebu Membantu Menyembuhkan Penyakit Kuning
Penyakit kuning adalah pigmentasi kuning pada kulit dan membrane yang disebabkan oleh adanya bilirubin di dalam darah. Penyakit tersebut disebabkan karena menurunnya fungsi hati. Air tebu dapat membantu dalam pengobatan penyakit kuning kaena memberikan kekuatan pada hati selama menderita penyakit kuning. Air tebu juga membantu menjaga aliran seni dan ginjal untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Tebu Membantu Menyembuhkan Infeksi
Air tebu juga diyakini bisa menyembuhkan beberapa infeksi seperti infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual, hinga peradangan pada perut.

Tebu Membantu Mengobati Batu Ginjal
Pada air tebu terdapat kandungan alami yang dapat memecah batu ginjal yang terjadi karena dehidrasi.

Tebu Membantu Mencegah Kanker
Di dalam air tebu terdapat kandungan alkali yang baik untuk mencegah kanker terutama kanker usus besar, kanker paru – paru dan kanker payudara. Tanaman pencegah kanker lainnya Nangka Belanda

Tebu Baik untuk penderita diabetes
Air tebu baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena air tebu mengandung pemanis alami sehingga tidak membahayakan atau memicu penyakit diabetes. Tanaman pencegah diabetes lainnya Duwet, ciplukan, tanaman pisang 

Tebu Kaya akan nutrisi
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa air tebu mampu membantu memulihkan kekurangan vitamin didalam tubuh akibat penyakit demam yang tinggi. Hal tersebut disebabkan air tebu kaya akan vitamin dan mineral seperti fosfor, zat besi, kalsium dan magnesium.

Tebu Membantu Menghidrasi Tubuh
Dehidrasi masih menjadi penyakit yang sering ditemui terutama ketika cuaca sangat pabas. Air tebu dipercaya dapat menurunkan panas tubuh dan menghidrasinya kembali.

Sekian postingan Manfaat Tebu Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : apoteekhidup.blogspot.com