MANFAAT KOPI UNTUK KESEHATAN [2]

Manfaat Kopi untuk Sehat
Bagi saya pribadi dan mungkin pembaca sekalian biasanya menganggap minuman kopi adalah teman begadang atau teman seusai bangun tidur apalagi disajikan secara hangat (apalagi kalo yang disajikan istri), namun tahukah kita dibalik kenikmatan kopi juga menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan kita. Manfaat ini tentunya akan tercapai bila kita minum sesuai takaran jangan berlebihan. Sebelumnya saya sudah pernah memposting manfaat kopi untuk kesehatan, namun kurang komplit maka kali ini saya posting ulang.

Berikut beberapa manfaat kopi untuk kesehatan yang saya kutip dari postingan salah satu member kaskus, silahkan disimak :

Mencegah penyakit jantung & stroke: 
Kandungan yang terdapat dalam kopi dapat menghidarkan dari kita dari penyakit serangan jantung bahkan hingga stroke, hal tersebut diperkuat dengan adanya hasil penelitian dari sejumlah 83000 wanita dalam usia 24 tahun memiliki resiko 18% lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi. Penelitian tersebut mereka meminum kopi 2-3 cangkir kopi dalam satu hari.

Beberapa manfaat kopi yang berhasil di teliti oleh para peneliti gizi dari negara Amerika Serikat menunjukkan sebagi berikut; dengan mengkonsumsi kopi dapat mencegah penyakit diabetes. Setelah diadakan penelitian dan survey, orang yang menkonsumsi kopi mampu merendahkan presentase dari orang itu untuk terkena diabetes sebesar 67%, tentu saja dengan cara mengkonsumsi kopi sesuai dengan ukuran yang di perbolehkan.

Kopi memiliki sifat anti bakteri dan anti-perekat yang sangat baik dan memungkinkan untuk menyembuhkan berbagai masalah berkaitan dengan kesehatan mulut, termasuk gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi gusi.

Mengatasi depresi: 
Minum kopi secara teratur sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Hal ini dapat merangsang indera kita dan meningkatkan laju metabolisme. Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi.

Anti-selulit: 
Kopi salah satu cara bagus untuk menyingkirkan selulit tanpa harus mengeluarkan uang, sebab yang Anda butuhkan hanya ampas kopi. Caranya, aplikasikan ampas kopi hangat pada area selulit, lalu bungkus dengan shringking foil, dan biarkan selama 15-30 menit, lalu bilas. Ulangi cara ini 2-3 kali sepekan hingga tekstur kulit jeruk Anda semakin hilang.

Pembasmi lalat: 
Lalat menikmati bau sampah, hal-hal busuk atau bau lain yang menunjukkan bahwa mungkin ada makanan di sekitar, tetapi anehnya, lalat benci bau bubuk kopi terbakar. Caranya, ambil sebuah piring kecil, tuangkan bubuk kopi yang tidak terpakai, nyalakan tungku kecil di dekatnya agar bau kopi menyeruak.

Perawatan kulit: 
Bubuk kopi bersifat sedikit abrasif. Karena itu, Anda dapat mencampurnya dengan sedikit minyak zaitun atau madu untuk perawatan pengelupasan (exfoliating) yang akan membuat kulit Anda terasa halus dan lembut. 

Penghilang bau: 
kopi mempunyai kemampuan luar biasa yaitu ampuh meredam bau bahkan sampai menghilangkan bau busuk. Dengan cara menabur beberapa genggam bubuk kopi diarea bau busuk tersebut maka perlahan-lahan menetralkan udara kotor dan bau busuk disekitarnya. Tips ini bisa Anda gunakan juga untuk bau-bau seperti durian atau bau yang tidak diinginkan lainnya.

Perontok kerak plat: 
Jika dirumah Anda sering menggunakan perabotan yang berbahan stainless. Setelah bertahun-tahun dipergunakan, cobalah anda amati seksama pasti akan terlihat kerak keras, berwarna putih agak kuning dan jika diraba terasa kasar. Hal ini bisa diatasi/dihilangkan dengan cara merebus air panas dicampur 5 sendok lebih bubuk kopi. Setelah mendidih, air kopi panas tersebut dituangkan ke lapisan kerak. Tunggu beberapa saat, kemudian buang air kopi tadi dan lihat apa yang terjadi.

Variasi rokok: 
Menurut saya ini penemuan yang cukup dahsyat (khusus bagi perokok). Anda cukup olesin ampas kopi menyelimuti rokok Anda dengan ketebalan sesuai selera, lalu keringkan sejenak (bisa dipanaskan dengan korek) setelah itu rokok Anda siap dinikmati dengan citarasa yang baru dan unik. 

Sekian postingan Manfaat Kopi Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Sumber Artikel : kaskus.co.id