TIPS CARA ALAMI MENURUNKAN KOLESTEROL

Makanan Penurun Kolesterol
Pada postingan sebelumnya Tips Herbal sudah memposting Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung, maka kali ini saya akan membahas Tips Tips Alami Cara Menurunkan Kolesterol. Dimana kita ketahui Kolesterol yang tinggi adalah akar masalah yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke disamping penyebab lain seperti gen dan jenis kelamin. 

Kebanyakan penyakit muncul karena pola makan kita yang tidak baik. Salah satu upaya yang dilakukan orang yang peduli dengan kesehatan diri yaitu diet.  Beberapa perubahan kecil pada diet anda dapat membantu menurunkan kolesterol, yang pada gilirannya akan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Nah berikut beberapa Tips alami yang dapat membantu anda dalam memerangi kolesterol tinggi seperti yang saya kutip dari postingan salah satu situs, silahkan disimak :

1. Makan sedikit daging
Jadikan daging sebagai bagian kecil dari diet anda, bukan membuatnya menjadi makanan utama anda. Singkirkan lemak dan kulit dari daging yang anda konsumsi. Alangkah lebih baik jika anda tidak mengkonsumsi daging sama sekali dan mengkonsumsi ikan sebagai gantinya. Ketika makan di luar, pilihlah menu makanan dengan sedikit daging, tanpa daging atau hidangan ikan.

2. Pilihlah produk susu rendah lemak
Hindari makanan yang mengandung susu atau krim; sebagai gantinya, gunakan produk susu rendah lemak atau tanpa lemak.

3. Perhatikan makanan ringan
Pilih makanan ringan rendah lemak (seperti popcorn buatan sendiri, wortel, buah-buahan kering, atau buah-buahan segar), bukan yang tinggi lemak (seperti potato chip dan permen). Hindari produk roti yang dibeli di toko kecuali mereka secara tegas menyatakan rendah lemak jenuh dan bebas dari lemak trans.

4. Kurangi lemak jenuh dalam memasak
Gunakan minyak goreng cair dibanding mentega atau margarin. Gunakan juga panci antilengket. Daripada menggoreng makanan anda, lebih baik dipanggang, disteam, atau direbus.

5. Hindari minyak kelapa dan minyak sawit
Sebagian besar minyak nabati adalah tak jenuh, tapi khusus dua minyak ini mengandung lemak jenuh yang tinggi. Pilihlah minyak yang berasal dari canola, bunga matahari, jagung, kedelai, zaitun, dan kacang tanah.

6. Lakukan diet kolesterol
Usahakan untuk makan kurang dari 200 mg kolesterol sehari. Batasi telur tidak lebih dari empat kuning telur per minggu; dua putih telur dapat menggantikan 1 telur utuh untuk sebagian besar resep. Batasi daging tanpa lemak tidak lebih dari 6 ons per hari. Jauhi organ yang tinggi kolesterol, seperti hati, ampela dan otak.

7. Meningkatkan karbohidrat dan serat kompleks
Titik beratkan makanan dengan karbohidrat kompleks – seperti buah-buahan dan sayuran, produk gandum, dan kacang-kacangan – yang rendah kalori dan tinggi serat. Konsumsi lebih banyak serat yang larut dalam air, seperti yang ditemukan dalam oat dan buah-buahan. Jenis serat ini secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol darah anda dibarengi dengan diet rendah lemak.

8. Konsumsi buah-buahan dan sayuran.
Untuk melindungi jantung anda, makan banyak buah dan sayuran. Makan banyak buah dan sayur juga dapat membantu Anda menjaga kondisi tubuh disaat musim penghujan seperti sekarang ini

9. Tambahkan ikan untuk diet Anda
Negara-negara dengan konsumsi ikan yang tinggi memiliki risiko lebih rendah dari kematian yang diakibatkan oleh penyakit kardiovaskuler. Sepe
rti kacang-kacangan, ikan berminyak mengandung asam lemak esensial yang dikenal sebagai omega-3 dan omega-6. Karena tubuh kita tidak dapat memproduksi omega-3 dan omega-6, maka kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat tersebut untuk mendapatkan keuntungan-keuntungannya, diantaranya menurunkan tingkat kolesterol.

10. Konsumsi kacang-kacangan
Kacang berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Mereka adalah makanan yang sehat dan penuh protein, namun jangan terlalu sering mengkonsumsi juga, karena mereka memiliki banyak kalori, sehingga terlalu banyak bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Sekian postingan Tips Cara Alami Menurunkan Kolesterol, semoga bermanfaat bagi pembaca blog Tips herbal ini.

Sumber Artikel : jitunews.com