MANFAAT TANAMAN JARAK UNTUK KESEHATAN

Buah Jarak
Bagi masyarakat perkotaan, mungkin tanaman ini jarang terlihat, namun bagi masyarakat pendesaan tanaman jarak banyak tumbuh dipagar atau di kebun. Saat ini belum ada pemanfaatan yang serius dari tanaman ini. Tanaman jarak mempunyai nama latin Jatropha Curcas L. Tanaman tersebut dimanfaatkan sebagai obat tradisional sudah sejak lama. Hampir semua bagian dari pohon jarak dapat dimanfaatkan sebagai obat, mulai dari akar, getah, daun hingga biji buah jarak. 

Bagi masyarakat pendesaan, tanaman jarak banyak dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat. Bagian tanaman jarak yang sering digunakan adalah daun, biji juga getahnya. Getah daun jarak diyakini bisa mengatasi iritasi pada mata, mengobati perut kembung pada bayi, mengatasi peradangan, mengobati sariawan bisa juga untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri pada sakit gigi. Daun jarak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan tanaman jarak banyak terdapat senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Pada daun jarak terdapat senyawa stigmasterol, amiri, kaemfesterol, silosterol dan teraksol. Menurut penelitian biji jarak mengandung B-glukanase yang memiliki aktivitas antifungi, toksalbumin dan curcin yang bermanfaat sebagai antikanker. Pada ampas biji jarak yang sudah diperas minyaknya terdapat kandungan fosfat, kalium dan nitrogen. Pada kulit batang pohon jarak terdapat kandungan tannin, saponin dan resin. Sedangkan getah pohon jarak mengandung flavonoid dan saponin serta terdapat kandungan anti jamur.

Berikut beberapa manfaat tanaman jarak untuk kesehatan seperti yang saya kutip dari salah satu blog, silahkan disimak :

Getah Daun Jarak Dapat Mengobati Keputihan Pada Lidah Bayi
Pada bayi yang sedang menyusui biasanya terdapat keputihan yang menempel pada langit – langit lidah. Hal tersebut menyebabkan bayi enggan untuk menyusu pada sang ibu dan membuat berat badannya cenderung turun. Getah daun jarak dipercaya bisa dimanfaatkan untuk mengobati keputihan pada lidah bayi tersebut.

Getah Jarak Dapat Mengobati Radang Telinga
Radang telinga bisa terjadi karena penyakit influenza yang datang secara mendadak, dengan ditandai oleh suhu tubuh yang naik serta telinga bagian dalam terasa sakit dan berdengung. Cara mengatasinya adalah ambil getah jarak lalu teteskan pada telinga yang terasa sakit sebanyak 6 tetes, lakukan beberapa kali sampai sembuh.

Getah Jarak Dapat Mengobati Gigi Berlubang
Getah jarak di percaya dapat mengusir bakteri jenis staphylococcus, escherechia coli dan streptococcus karna bersifat antimikroba yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Caranya dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian kapas tersebut ditempelkan pada gigi yang berlubang.

Getah Jarak Sebagai Obat Sariawan
Selain bisa menyembuhkan gigi yang berlubang, getah jarak juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan dengan cara seperti mengobati gigi berlubang, yaitu dengan mengoleskan langsung getah jarak pada bibir atau bagian mulut yang sedang sariawan.

Daun Jarak Dapat Mengatasi Perut Kembung dan Masuk Angin Pada Bayi
Daun jarak juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati perut kembung dan masuk angin pada bayi. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa, minyak telon juga minyak kayu putih pada beberapa lembar daun jarak yang sudah disiangi diatas nyala api terlebih dulu. Kemudian ditempelkan pada bagian bawah perut dan pinggang bayi.

Daun Jarak Dapat Mengobati Sembelit atau Susah BAB
Daun jarak juga dipercaya bisa mengatasi sembelit karena berfungsi sebagai obat pencahar ringan. Kukus daun jarak hingga layu kemudian dimakan sampai penyakit sembelit yang diderita berkurang dan hilang.

Minyak Biji Jarak Dapat Mengobati Koreng, Jamur dan Gatal
Selain daunnya yang banyak digunakan sebagai bahan obat tradisional minyak dari biji jarak juga dipercaya bisa mengobati penyakit koreng, jamur dan gatal. Cukup dengan memanaskan minyak biji jarak lalu celup dengan kapas kemudian oleskan pada bagian kulit yang sakit. Akan tetapi minyak biji jarak tersebut tidak boleh sampai tertelan karena mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Getah Pohon Jarak Dapat Mengobati Luka dan Pendarahan
Getah pohon jarak bersifat Anti-mikroba yang bisa mengusir infeksi bakteri staphylococcus, streptococcus dan eschericia coli. Sifat Anti-mikroba tersebut yang membuat getah pohon jarak berfungsi seperti betadhine yang bisa menghentikan pendarahan pada luka.

Daun Jarak Dapat Mengobati Rematik
Untuk mengobati penyakit rematik bisa menggunakan daun jarak untuk kompres atau dengan menuumbuk halus daun jarak yang sudah tua dicampur dengan air lalu lumurkan pada bagian tubuh yang terserang rematik atau terkena exim.

Akar Pohon Jarak Dapat Mengobati Batuk dan Mengencerkan Dahak
Air rebusan dari akar pohon jarak diyakini mampu mengobati batuk dan mengencerkan dahak. Minum air rebusan akar pohon jarak tersebut pagi dan sore sampai batuk dan dahak mereda.

Biji Buah Jarak Dapat Membantu Memperbesar Alat Vital
Dari beberapa manfaat diatas ada satu lagi manfaat jarak yang paling dicari oleh para pria. Biji buah jarak diyakini dapat digunakan untuk memperbesar alat vital pria (penis). Caranya tumbuk dan haluskan daun jarak dan gagangnya bersama dengan daun jeruk purut. Tambahkan 50 ml air dan air perasan jeruk purut, kemudian peras campuran tersebut menggunakan kain bersih. Sebelum mengoleskan air perasan tersebut pada penis terlebih dulu lakukan pemanasan penis selama 2 – 3 menit. Setelah melakukan pemanasan oleskan air perasan tersebut pada penis lalu diamkan selama 5 – 10 menit, setelah selesai bilas dengan air bersih.

Dalam perkembangannya telah ditemukan jenis jarak lain yang jarang ditemui yaitu pohon jarak merah yang mempunyai nama latin Jatropha Gossypifolia L. Jarak merah digunakan sebagai tanaman etnobotani yang dapat dijadikan sebagai sumber obat – obatan tradisional. Biji jarak merah dapat digunakan sebagai obat pencahar. Di Trinidad pohon jarak merah dimanfaatkan oleh para pemburu secara etnoveterinari sebagai penyembuh patukan ular, sengatan kalajengking, juga untuk mengobati luka dan kudis yang menimpa anjing para pemburu. Di Negara Ghana air rebusan daum jarak merah digunakan untuk mandi. Khasiat lain dari daun jarak merah antara lain mampu mengobati sakit gigi, menghentikan pendarahan gusi, menghilangkan rasa nyeri juga mengobati sembelit. Akan tetapi dari beberapa literatur melarang penggunaan biji jarak merah untuk pengobatan herbal karena mengandung toksiksitas yang cukup tinggi.

Sekian postingan singkat Manfaat Tanaman Jarak Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Simak juga berbagai Tips Herbal lainnya di Blog Tips Herbal ini. Perlu diingat pengobatan dengan herbal harus berkonsultasi dengan ahlinya karena bila tidak sesuai dengan sakit yang diderita maka pengobatan akan sia-sia.

Sumber Artikel : apoteekhidup.blogspot.com