MANFAAT DAUN KENTUT UNTUK KESEHATAN

Daun Kentut
Meski namanya cukup aneh, Daun Kentut tidak ada hubungannya dengan kentut meskipun diantara khasiat yang dimiliki daun ini mampu mengeluarkan air (bila perut kembung). Nah sebelum saya bahas bagaimana manfaat Daun Kentut untuk kesehatan, ada baiknya kita lihat dulu apa sih sebenarnya daun kentut itu?

Daun kentut memiliki nama latin Paederia Scandens adalah termasuk jenis tanaman dari keluarga Rubiaceae. Tanaman tersebut merupakan tanaman liar di alam terbuka seperti semak belukar. Di sebut daun kentut karena memang memiliki aroma yang tidak sedap mirip seperti bau kentut manusia. Daun kentut memiliki daun tunggal bertangkai panjang mencapai 1 – 5 cm, berbentuk bundar telur sampai lonjong atau langset. Sedangkan pangkal daunnya berbentuk jantung, ujungnya meruncing dan rata di bagian tepinya.

Di Beberapa daerah, Daun kentut memiliki nama yang berbeda – beda seperti di Sunda daun kentut di kenal dengan nama Kahitutan. Di Jawa di sebut Kasembukan dan di Madura juga di sebut Kasembukan atau Bintaos. Di daerah Ternate di sebut Gumi Siki dan di Sumatera juga di sebut Sembukan mirip seperti di Jawa. Sedangkan di Cina daun kentut di sebut dengan Ji Shi Teng.

Pemanfaatan Daun kentut bisa sebagai sayur dan lalapan. Selain itu daun kentut juga berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Di antara khasiat daun kentut yang paling terkenal adalah bisa mengobati sariawan, cacar ular (Herpes Zooster), sakit lambung, mengatasi perut kembung, mengatasi kurang gizi pada bayi akibat gangguan pencernaan serta mengatasi nyeri akibat tersumbatnya energy vital dan aliran darah.

Pada daun dan batang daun kentut mengandung Asperuloside, Deacetylasperuloside, Scandoside, Paederosid, Paederosidic acid, Gama – sitosterol, Arbutin acid dan minyak menguap. Daun kentut memiliki efek farmakologis yaitu rasa manis yang lama – lama terasa sedikit pahit. Selain memiliki efek farmakologis daun kentut juga memiliki efek analgetik atau penghilang rasa sakit yang bisa mengatasi nyeri pasca operasi, nyeri akibat organ kandungan, nyeri syaraf, rematik, patah tulang, keseleo, nyeri akibat kolik pada usus, empedu dan ginjal. Daun kentut juga bersifat karminatif yang bisa meluruhkan kentut juga bersifat mucolytic yang bisa meluruhkan kencing dan dahak. Selain itu daun kentut berguna sebagai antitussif atau obat batuk juga bisa menghilangkan racun atau sebagai detoksifikasi dan di indikasikan dapat menambah nafsu makan.

Nah beberikut beberapa manfaat daun kentut untuk kesehatan dan cara pemanfaatannya seperti yang saya kutip dari postingan salah satu blog, silahkan disimak :

Mengatasi Perut Mulas Karena Angin
Kukus 25 lembar daun kentut lalu dimakan sebagai lalapan. Bisa juga dengan memanggang daun kentut diatas api agar layu lalu di ikatkan pada perut.

Mengobati Mata Terasa Panas dan Bengkak
Rebus daun kentut yang sudah di cuci bersih sampai mendidih, dudukkan penderita di atas uapnya. Kemudian bungkus daunnya dengan sepotong kain lalu letakkan di atas mata yang samapi daun menjadi dingin.

Mengobati Sakit Lambung (Gastritis), Perut Kembung, Disentri
Tumbuk 15 – 60 gr daun kentut segar sampai menjadi bubur. Tambahkan garam 1 – 2 sendok teh dan 1 cangkir air matang. Aduk sampai rata kemudian disaring, sebaiknya diminum sebelum makan.

Mengobati Cacar Ular (Herpes Zooster)
Tumbuk daun kentut yang sudah dicuci bersih sampai menjadi bubur. Tambahkan air dan garam secukupnya lalu balurkan pada kulit yang terkena cacar ular.

Untuk membuat ramuan tradisional obat sariawan bahan – bahannya adalah : 1/6 genggam daun kentut, 1/5 genggam daun iler, ¼ genggam daun saga, 1/5 genggam daun picisan, ¼ genggam daun sembung, ¼ genggam daun pegagan, ¾ sendok teh adas, ¾ jari pulosari, ¾ sendoh teh ketumbar, ½ jari rimpang lempuyang, ½ jari rimpang kunyit, ¾ jari kayu manis, dan 3 jari gula enau. Bahan – bahan tersebut di cuci bersih terlebih dahulu lalu di potong – potong. Kemudian direbus dengan 4 ½ gelas air bersih sampai tersisa kira – kira setengahnya. Setelah dingin disaring dan dibagi menjadi 3 kali minum. Ramuan tersebut harus dihabiskan dalam 1 hari.

Mengobati Ekzema, Kulit Gatal (Pruritus), Neurodermatitis
Cuci bersih batang dan daun kentut segar secukupnya, giling halus lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

Mengobati Radang Telinga
Cuci bersih setengah genggam daun kentut. Giling sampai halus lalu remas dengan air garam. Peras dan saring kemudian teteskan airnya pada bagian telinga yang sakit.

Sekian postingan singkat tentang Manfaat Daun Kentut Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Sumber Artikel : apoteekhidup.blogspot.com