MANFAAT KETUMBAR UNTUK KESEHATAN

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan
Gizi adalah asupan yang dibutuhkan tubuh agar dapat menjaga badan tetap sehat. Asupan gizi bagi tubuh dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi bermacam-macam makanan maupun minuman, diantaranya adalah sayuran. sayuran merupakan jenis tumbuhan yang dapat dan biasa dikonsumsi. dari berbagi macam sayuran, sayuran yang banyak mengandung gizi diantaranya adalah Ketumbar.

Ketumbar  atau bahasa latinnya Coriandrum sativum merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang terdapat di kawasan Asia. bumbu yang biasa digunakan untuk masakan di indonesia dan memiliki bentuk yang  hampir mirip dengan biji lada. Di Indonesia ketumbar sangat mudah untuk di dapat, karena kita dapat mencari ketumbar di pasar ataupun supermarket. Tumbuhan ketumbar hidup dan ditanam di daerah pegunungan atau dikebun-kebun di daerah pegunungan. selain untuk bumbu masakan, biji ketumbar juga terkenal sebagai salah satu sumber gizi. 

Nah berikut beberapa manfaat Ketumbar untuk kesehatan yang saya rangkum dari salah satu situs online, silahkan disimak : 

Menjaga Kesehatan Tulang. 
Tumbuhan ketumbar banyak mengandung sumber vitamin K yang sangat tinggi. apabila kita sering memakannya, kita dapat terhindar dari penyakit osteoporosis ketika kita sudah tua.

Sebagai Anti Oksidan
Ketumbar banyak mengandung zat, antara lain riboflavin, niasin, vitamin A, vitamin C, asam folat, dan juga karoten.

Menambah Nafsu Makan. 
Ketumbar sangat baik digunakan untuk yang nafsu makannya menurun atau berkurang.terutama untuk anak yang susah makan.

Memperbaiki Bagian Rongga Mulut
Daun ketumbar mengandung vitamin C, vitamin A dan flavabaid yang dapat melindungi rongga mulut dari berbagai bakteri.

Sebagai obat diare. 
Ketumbar mengandung berneol serta linal  yang beguna untuk meningkatkan funsi hati serta untuk memperlancar perncernaan serta melancarkan buang air besar.

Mengobati penyakit Anemia. 
Ketumbar banyak mengandung zat besi yang dapat mencegah penyakit anemia.

Menurunkan kolestrol
beberapa zat yang terkandung dalam ketumbar diantaranya asam stearat, asam askorbat, asam linoleat, asam oleat, dan asam palmitat yang bertugas untuk mengurangi deposit kolesterol dalam darah.

Memperlancar dan Memperbanyak ASI
Apabila ketumbar itu direbus dan disaring airnya maka dapat berkasiat untuk memperbanyak dan memperlancar asi, 

Disamping manfaat diatas, ketumbar juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk flu dan batuk, tekanan darah tinggi, mual dan muntah-muntah, radang lambung, keracunan jamur dan lain sebagainya. Pemanfaatan ini tentunya harus sesuai dengan takaran dan resep dari ahli herbal ditempat Anda.

Sekian postingan Manfaat ketumbar untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : kabarbronis.com