MANFAAT KEMIRI UNTUK KESEHATAN

Kemiri (Aleurites moluccana), adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Pohonnya disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree. Minyak yang diekstrak dari bijinya berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kemiri)

Manfaat utama Kemiri yang paling umum kita ketahui adalah sebagai bahan untuk menghitamkan rambut. Banyak orang selalu mengidentikkan manfaat kemiri dengan rambut yang hitam, tentunya hal ini tidaklah salah akan tetapi kemiri bukan hanya berfungsi untuk menghitamkan rambut  saja, karena banyak sekali manfaat lain yang bisa dirasakan.

Disamping sebagai penghitam rambut yang sudah sering kita kenal, Kemiri juga memiliki beragam manfaat yang tidak kalah baiknya. Berikut beberapa Manfaat Kemiri untuk Kesehatan yang saya kutip dari salah satu situs, silahkan disimak :

Kemiri untuk Mengatasi Bisul.
Agar tidak menjalar ke bagian tubuh lainnya, apalagi kalau disertai ke luar nanah yang jika pecah bisa menginfeksi bagian tubuh lainnya. Cara mengobatinya dapat dibuat ramuan dari 15 lembar daun kangkung dan 10 lembar daun bunga pukul empat yang ditumbuk halus yang dicampurkan dengan sedikit minyak kelapa dan minyak kemiri. Oleskan pada bisul minimal 2 kali sehari.

Kemiri untuk Memampetkan Diare.

Jika seseorang terkena diare, biasanya  buang air besar  lebih dari 3 kali  yang bisa juga disertai keluar keringat dingin, mual dan muntah. Agar diare cepat mampet dapat kita gunakan bahan herbal. Ambillah 20 gram batang kemiri lalu haluskan dan campurkan dengan air matang sebanyak 600 cc kemudian rebus hingga tersisa 300 cc. Saringlah dahulu sebelum meminumnya dan biarkan hangat sebelum di minum.  Minumlah saat pagi dan sore.

Kemiri untuk Mengobati Sakit Gigi.
Salah satu khasiat kemiri yang belum banyak diketahui yaitu mengobati sakit gigi. Ambillah daun kemiri  ambil getah dari daun kemiri tersebut dan teteskan/ oleskan 3 tetes getahnya pada gigi yang sakit. Lakukan sedikitnya 3 kali dalam seminggu.

Kemiri untuk Mengatasi Disentri.

Salah satu gangguan pencernaan  yang umumnya menyerang  anak-anak bahkan orang dewasa pun sering dijumpai  terserang Disentri. Khasiat kemiri untuk mengatasi disentri yaitu dengan merebus kulit batang kemiri sebanyak 90 gram. Rebus kulit kemiri dengan dua gelas air sampai tersisa 1 gelas air rebusan batang kemiri. Minum selagi hangat dan khasiatnya akan terasa.

Kemiri Untuk Jantung.
Penelitian tim dari New Mexico State University, Las Cruces, membuktikan bahwa kemiri mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL, low density lipoprotein) yang ada dalam darah. Lemak tak jenuh pada Kemiri (sekitar 53%) mampu menurunkan LDL bahkan dapat mencegah penggumpalan darah sebagai penyebab serangan jantung dan stroke.

Sekian postingan Manfaat Kemiri untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Sumber Artikel : artikelduniawanita.com